PELATIHAN POLA PIKIR AL-QURAN DALAM MEMBENTUK REGULASI EMOSI MAHASISWA DI KAMPUS KAHFI BBC MOTIVATOR SCHOOL

Syarifah Hidayahna, NIM.: 21200011117 (2023) PELATIHAN POLA PIKIR AL-QURAN DALAM MEMBENTUK REGULASI EMOSI MAHASISWA DI KAMPUS KAHFI BBC MOTIVATOR SCHOOL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELATIHAN POLA PIKIR AL-QURAN DALAM MEMBENTUK REGULASI EMOSI MAHASISWA DI KAMPUS KAHFI BBC MOTIVATOR SCHOOL)
21200011117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELATIHAN POLA PIKIR AL-QURAN DALAM MEMBENTUK REGULASI EMOSI MAHASISWA DI KAMPUS KAHFI BBC MOTIVATOR SCHOOL)
21200011117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu problematika yang dialami oleh mahasiswa dengan banyak peran adalah sulitnya mereka dalam mengatur emosi ketika dihadapkan dengan lingkungan yang berbeda, bahkan mereka merasakan niat yang melenceng saat menjalankan banyak peran, seperti adanya perasaan pamrih dan perasaan lebih dominan dari individu lainnya. Hal ini menjadikan mereka kecewa ketika sesuatu yang terjadi tidak sesuai dengan harapan mereka. Dari permasalahan tersebut menjadikan mahasiswa dengan banyak peran bergabung mengikuti pelatihan pola pikir Al-Quran di Kampus KAHFI BBC Motivator School. Selanjutnya penelitian ini akan merespon dari jawaban rumusan permasalahan pertama, kedua, dan ketiga. Adapun rumusan masalah yang pertama bagaimana pelaksanaan kegiatan pelatihan pola pikir Al-Quran dalam membentuk regulasi emosi mahasiswa dengan banyak peran di Kampus KAHFI BBC Motivator School, pada rumusan masalah kedua bagaimana terapan pelatihan pola pikir Al-Quran dalam membentuk regulasi emosi mahasiswa dengan banyak peran di Kampus KAHFI BBC Motivator School, dan yang ketiga adalah apa saja karakteristik regulasi emosi berbasis Al-Quran yang ditanamkan kepada mahasiswa dengan banyak peran di Kampus KAHFI BBC Motivator School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa guna memperoleh hasil kajian tentang pelatihan pola pikir Al-Quran dalam membentuk regulasi emosi mahasiswa dengan banyak peran di Kampus KAHFI BBC Motivator School. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria pertama, usia 20-23 tahun dan belum menikah, kedua mahasiswa menjalankan banyak peran, seperti tergabung dalam organisasi, komunitas dan pekerja freelance. Temuan yang didapat dalam penelitian ini mahasiswa dengan banyak peran di Kampus KAHFI BBC Motivator School, yang berdampak pada menurunnya emosi negative, mampu berpikir positif, munculnya motivasi positif, hingga mampu berinteraksi dengan lingkungan yang berbeda, selain itu pengaturan emosi mahasiswa banyak peran menanamkan niat yang positif dilakukan karena Lillah, sebagaimana Al-Quran menyebutkan segala sesuatu tergantung oleh niat yang letaknya di hati, yang kemudian hati juga merupakan fungsi berpikir. Ketika yang ditanamkan niat baik, maka akan melahirkan kehidupan yang positif dalam segala aspek social serta emosional yang positif pula. Selanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan pola pikir Al-Quran dapat diimplikasikan dalam keilmuan Bimbingan Konseling Islam, terkhusus terapi yang digunakan kepada mahasiswa dalam menyentuh aspek alam sadar dan tak sadar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Maemonah
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Pola Pikir Quran, Regulasi Emosi
Subjects: Psikologi
Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Oct 2023 10:00
Last Modified: 19 Oct 2023 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61467

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum