POTENSI KOMBINASI EKSTRAK DAUN KENIKIR (Cosmos caudatus Kunth.) DAN DAUN KETAPANG (Terminalia catappa Linn.) SEBAGAI BIOHERBISIDA TERHADAP GULMA RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus Linn.)

Fitria Nuha Salsabila, NIM.: 19106040011 (2023) POTENSI KOMBINASI EKSTRAK DAUN KENIKIR (Cosmos caudatus Kunth.) DAN DAUN KETAPANG (Terminalia catappa Linn.) SEBAGAI BIOHERBISIDA TERHADAP GULMA RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus Linn.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POTENSI KOMBINASI EKSTRAK DAUN KENIKIR (Cosmos caudatus Kunth.) DAN DAUN KETAPANG (Terminalia catappa Linn.) SEBAGAI BIOHERBISIDA TERHADAP GULMA RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus Linn.))
19106040011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[img] Text (POTENSI KOMBINASI EKSTRAK DAUN KENIKIR (Cosmos caudatus Kunth.) DAN DAUN KETAPANG (Terminalia catappa Linn.) SEBAGAI BIOHERBISIDA TERHADAP GULMA RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus Linn.))
19106040011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy

Abstract

Gulma merupakan tanaman yang bersifat mengganggu dan menghambat pertumbuhan tanaman budidaya sehingga hasil panen tidak optimal. Herbisida menjadi alternatif utama dalam mengatasi masalah tersebut, namun dampak yang ditimbulkan berupa terakumulasinya senyawa yang tidak mudah terurai oleh mikroorganisme tanah. Perlu alternatif solusi untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan pengaplikasian formula herbisida berbahan dasar alami seperti Cosmos caudatus dan Terminalia catappa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan konsentrasi optimal dari kombinasi ekstrak daun Cosmos caudatus dan daun Terminalia catappa terhadap pertumbuhan Cyperus rotundus. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari-Juni 2023 berlokasi di Meces, Ngemplak, Sleman. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan yaitu konsentrasi 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20%. Masing-masing perlakuan terdiri atas 5 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi kombinasi ekstrak Cosmos caudatus dan Terminalia catappa, mampu memberikan efek penghambatan paling besar terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, panjang akar, karakter morfologis, dan laju pertumbuhan. Konsentrasi 15% telah mampu menghambat bahkan menghentikan pertumbuhan Cyperus rotundus, sedangkan pada konsentrasi 20% dapat menimbulkan efek toksisitas yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ika Nugraheni Ari Martiwi, S. Si., M.Si. dan Satiti Ratnasari, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Alelokimia, Bioherbisida, Cosmos Caudatus, Cyperus Rotundus, Gulma, Terminalia Catappa
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:51
Last Modified: 20 Oct 2023 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61534

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum