PENGARUH TOKSISITAS LThfBAH CAIR PABRIK PENYAMAKAN KULIT TERHADAP PERKECAMBAHAN BIJI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH

Adnin, NIM: 99454153 (2004) PENGARUH TOKSISITAS LThfBAH CAIR PABRIK PENYAMAKAN KULIT TERHADAP PERKECAMBAHAN BIJI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TOKSISITAS LThfBAH CAIR PABRIK PENYAMAKAN KULIT TERHADAP PERKECAMBAHAN BIJI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH)
99454153_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TOKSISITAS LThfBAH CAIR PABRIK PENYAMAKAN KULIT TERHADAP PERKECAMBAHAN BIJI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH)
99454153_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untulc mengetahui Pengaruh Toksisitas Limbah Cair Penyamakan Kulit Terhadap Perkecambahan Biji Kacang Tanah (Arachts hypogaea L) serta pengaruh limbah cair penyamakan kulit terhadap mortalitas dan pertambahan panjang kecambah pada berbagai macam konsentrasi dan lama kontak bibit dengan limbah. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24-26 Mei 2004 untuk uji pendahuluan dan 27-31 Mei untuk uji toksisitas. Uji pendahuluan digunakan untuk menentukan ambang atas dan ambang bawah limbah cair penyamak.ctn kulit yang akan digunakan untuk perkecambahan biji kacang tanah. Uji toksisitas hJenggunakan rancangan split-plot yang terdiri atas empat taraf lama kontak yang terdiri atas 24 jam, 48 jam, 72 jam dan 96 jam, tujuh taraf konsentrasi yaitu 0.00%, 1.35%, 2.40%, 4.20%, 5.60%, 7.50% dan 100%. Setiap perlakuan diulang sebanyak tiga kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toksisitas limbah cair penyamakan kulit berpengaruh terhadap mortalitas dan pertambahan panjang kecambah biji kacang tanah (Arachis hypogaea L) dengan perlakuan variasi konsentrasi dan lama kontak berdasarkan hasil analisis varian menunjulckan ada pengaruh yang signifikan (Fhit>Ftab) atau (p<0.05) .. Semakin tinggi konsentrasi yang digunakan maka laju rnortalitas kecambah kacang tanah semakin meningkat, dan semakin tinggi konsentrasi limbah yang digunakan maka akan memiliki pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap pertambahan panjang kecambah kacang tanah . Hasil penelitian ini berupa proses dan produk dapat dipergunakan sebagai sumber bdajar Biologi di Madrasah Aliyah pada pokok bahasan Lingkungan ( untuk kls I), serta pokok bahasan pertumbuhan & perkembangan ( untuk kls II).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si
Uncontrolled Keywords: perkecambahan; taksonomi; penyamakan kulit; kacang tanah; biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Oct 2023 09:12
Last Modified: 03 Nov 2023 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61726

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum