EKSPLOITASI ANAK YANG MENJADI PENGEMIS DI MAKAM SUNAN GUNUNG JATI DESA ASTANA KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

FAJAR WAHYU GUMELAR, NIM: 18107020071 (2023) EKSPLOITASI ANAK YANG MENJADI PENGEMIS DI MAKAM SUNAN GUNUNG JATI DESA ASTANA KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPLOITASI ANAK YANG MENJADI PENGEMIS DI MAKAM SUNAN GUNUNG JATI DESA ASTANA KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON)
18107020071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSPLOITASI ANAK YANG MENJADI PENGEMIS DI MAKAM SUNAN GUNUNG JATI DESA ASTANA KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON)
18107020071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hingga saat ini banyaknya eksploitasi pengemis pada anak di Indonesia yang mana hal tersebut baik atas izin Orang Tua ataupun paksaan. Seperti yang terjadi di wisata religi yang ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah yaitu Makam Sunan Gunung Jati Cirebon. Selain banyak dikunjungi oleh peziarah, disekitar Makam Sunan Gunung Jati banyak disekelilingi pengemis, baik pengemis lansia, dewasa hingga pengemis anak. Eksploitasi anak ada karena beberapa faktor yang melatar belakanginya seperti masalah ekonomi, lingkungan, dan juga pendidikan, namun eksploitasi anak juga bukan hanya dari internal tetapi juga terdapat dari faktor eksternal seperti ada oknum yang mengakomodir anak-anak untuk mengemis demi keuntungan pribadi oknum tersebut. Anak-anak yang seharusnya mendapatkan kesejahteraan yang luas serta mendapatkan pendidikan yang semestinya dan lain sebagainya yang sudah seharusnya ia dapatkan namun yang terjadi mengais pundi-pundi uang dengan cara mengemis. Penelitian ini menggunakan teori Sosiologi Hukum beserta turunanya yaitu teori perlindungan hukum, kesadaran hukum, dan juga hukum progresif Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan yuridis normatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Dalam meode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Eksplolitasi Anak di Makam Sunan Gunung Jati, karena faktor ekonomi, lingkungan, pendidikan dan faktor internal pengemis serta terdapat oknum dibelakangnya. Peran dan strategi pemerintah yang belum stabil menjadi salah satu dampak masih menjamurnya pengemis anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Anak, Eksploitasi, Tanggung Jawab, Orang Tua.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Oct 2023 14:33
Last Modified: 27 Oct 2023 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61860

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum