PENGGUNAAN QUANTUM LEARNING PADA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS II SLTP MUHAMMADIYAH II YOGYAKARTA

Richway, NIM.: 00420536 (2004) PENGGUNAAN QUANTUM LEARNING PADA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS II SLTP MUHAMMADIYAH II YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN QUANTUM LEARNING PADA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS II SLTP MUHAMMADIYAH II YOGYAKARTA)
00420536_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN QUANTUM LEARNING PADA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS II SLTP MUHAMMADIYAH II YOGYAKARTA)
00420536_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini dimana penulis memperhatikan dalam proses belajar mengajar Bahasa Arab di SL TP Muhammadiyah II Yogyakarta masih berpusat pada format "Aku bicara dan kau mendengar", siswa hanya menjadi pendengar pasif walaupun sekali-sekali juga diminta untuk megikuti apa yang disebutkan oleh guru, semangat serta minat siswa menurun karena mereka merasa tidak diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses belajar mengajar tersebut. Hal inilah yang mendorong penulis untuk meneliti mengenai penggunaan Quantum Learning pada pelajaran bahasa Arab bagi siswa SLTP Muhammadiyah II Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penentuan subyek (sample) adalah penelitian yang hanya kan meneliti sebagian dari populasi. Pengumpulan data dengan eksperimen, observas, interview, dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah: a. Quantum Learning dapat diterapkan pada pelajaran bahasa Arab di kelas II SL TP Muhammadiyah II Y ogyakarta, terlihat dari kegiatan belajar mengajar yang partisipatif hampir seluruh kelas. Siswa berperan aktif dalam proses belajar mengajar, berani mengemukakan pendapatnya dan yang jelas terlihat minat terhadap bahasa Arab semakin besar. b. Ada perbedaan yang signifikan pada nilai basil belajar bahasa Arab siswa kelas II E (Experiment group) antara sebelum dan sesudah pemberian treatment, nilai hasil belajar pada Post-Test mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan nilai hasil belajar pada Pre-Test, sehingga secara internal penerapan Quantum Learning pada pelajaran bahasa Arab di kelas II SL TP Muhammadiyah II Y ogyakarta dipandang telah efektif. c. Tidak ada perbedaan yang signifikan pada selisih nilai Pre-Test dan Post­Test siswa kelas II SL TP Muhammadiyah II Y ogyakarta antara Experiment group dan Control group; walaupun terdapat peningkatan yang cukup signifikan pada nilai hasil belajar Experiment group antara Pre-Test dan Post-Test namun peningkatan tersebut belum bisa mengimbangi hasil akhir yang diperoleh Control group.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Susilaningsih, MA
Uncontrolled Keywords: quantum learning; experiment group; Bahasa asing
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Oct 2023 10:33
Last Modified: 26 Oct 2023 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61864

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum