TRADISI RESAN, PROSESI RITUAL DAN PENDEKATAN ANTROPOLOGI CLIFFORD GEERTZ (DI PADUKUHAN SENGERANG, GUNUNG KIDUL)

Amiruddin, NIM.: 16520056 (2023) TRADISI RESAN, PROSESI RITUAL DAN PENDEKATAN ANTROPOLOGI CLIFFORD GEERTZ (DI PADUKUHAN SENGERANG, GUNUNG KIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI RESAN, PROSESI RITUAL DAN PENDEKATAN ANTROPOLOGI CLIFFORD GEERTZ (DI PADUKUHAN SENGERANG, GUNUNG KIDUL))
16520056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TRADISI RESAN, PROSESI RITUAL DAN PENDEKATAN ANTROPOLOGI CLIFFORD GEERTZ (DI PADUKUHAN SENGERANG, GUNUNG KIDUL))
16520056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Manusia diciptakan oleh Allah SWT memiliki berbagai macam perbedaan rupa, suku, adat istiadat, budaya bangsa dan agama. Hal demikian itu membuat kamu bersyukur firman Allah dalam Al-Qur’an. Dengan perbedaan itu manusia mempelajari dan mengetahui arti kekuasaan Allah SWT. Berbeda adalah sunnatullah dan wajib menerima dan bersyukur atas segala yang diciptakan. Tetapi seiring berjalannya waktu manusia terkadang lupa dengan maksud makna perbedaan yang Allah ciptakan sehingga belakangan ini banyak sekali diskriminasi dan rasis yang berlebihan yang akhirnya menimbulkan gesekan demi gesekan yang menuju ruang perpecahan anak bangsa. Demikian juga yang terjadi di Padukuhan Sengerang, tradisi resan dan agama menjadi satu persoalan jika tidak mampu membedakan mana tradisi dan mana agama. Padahal seyogyanya tradisi adalah warisan nenek moyang yang bersifat sementara bisa berubah-ubah sesuai zaman, lain dengan agama yang merupakan perintah Allah SWT yang absulut, kekal hingga akhir zaman. Dalam penelitian ini membahas dua permasalahan utama, yaitu: pertama, Bagaimana prosesi ritual yang dilakukan di area resan. Di Padukuhan Sengerang, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul. kedua, Bagaimana Resan di pahami sebagai tempat yang sakral melakukan berbagai macam tradisi. Di Padukuhan Sengerang, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di Resan atau kuburan kuno yang dikramatkan oleh warga setempat. Penelitian ini daerah Sengerang, Gunung Kidul, Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara yang mendalam (indepth interview), dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian tersebut adalah teori antropologi, Clifford Geertz. Penelitian ini menemukan arti luas tentang budaya menurut E. T. Hall, budaya adalah media yang dikembangkan manusia untuk bertahan hidup. Tak ada satu hal pun yang bebas dari pengaruh budaya. Budaya merupakan dasar dari sebuah pondasi peradaban dan sebuah media yang melaluinya, kejadian-kejadian dalam kehidupan mengalir. Dengan demikian keterkaitan agama dan tradisi resan hanya terjadi pada garis kebersamaan sosial dan juga keterikatan bersama terhadap budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Derry Ahmad Rizal, M.A.
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Budaya, Resan, Tindakan Sosial
Subjects: Islam dan Tradisi
Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Oct 2023 14:02
Last Modified: 26 Oct 2023 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61890

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum