OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005

Heti Marini, NIM. 99454277 (2005) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005)
99454277_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005)
99454277_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan yang tepat dalam penerapan pendekatan kontekstual dengan penekanan aspek inquiry sebagai upaya optimalisasi pembelajaaran fisika pada pokok bahasan Alat-alat Optik siswa kelas 2 di SMP Muhammadiyah 2 Y ogyakarta, dan sekal.igus untuk mengetahui tingkat keoptimalan tindakan tersebut. Keoptimalan pembelajaran fisika meliputi keoptimalan proses maupun produk pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan subyek peneltian siswa kelas 2C di SMP Muhammadiyah 2 Y ogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan sampai dengan dua siklus. Pelaksanaan tindakan pembelajaran pada penelitian ini adalal1 dengan menggw1akan pendekatan kontekstual dengan strategi inquiry. Sedangkan instrumen yang digunakan antara lain: Rencana Pembelajaran (RP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), soal-soal pre-test dan post-test, lembar pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar angket siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dengan penekanan aspek inquiry dapat mengoptimalkan pembelajaran fisika pada pokok bahasan Alat-alat Optik pada siswa kelas 2C di SMP Muhammadiyah 2 Y ogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk pembelajaran pada siklus II dibandingkan dengan siklus I. Keberhasilan proses pembelajaran dilihat dari peningkatan aktivitas siswa, baik dari aspek afektif, kognitif, maupun psikomotornya. Ketercapaian aktivitas afektif siswa pada siklus I dan II berturut-turut adalah 68,58% dan 85,18%. Ketercapaian aktivitas kognitif siswa paada siklus I dan II berturut-turut adalah 66,67% dan 73,80%. Ketercapaian aktivitas psikomotor pada siklus I dan II berturut-turut adalah 77,32% dan 91,80%. Sedangkan keberhasilan produk pembelajaran dilihat dari peningkatan pemahaman materi siswa dari pre-test ke post-test, dan hasil pengerjaan siswa dalam LKS. Peningkatan pemahaman materi siswa dari pre-test ke post-test pada siklus I dan II berturut-turut adalah 2,17% dan 20,14%. Sedangkan hasil pengerjaan LKS siswa pada siklus I dan II berurut-turut adalah 85,06% dan 89,75%. Adapun langkahlangkah yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran yaitu: (1) Menghadapkan siswa pada suatu permasalahan yang merangsang keingintahuan siswa, (2) Mengarahkan siswa untuk merumuskan permasalahan sekaligus menentukan hipotesisnya berdasarkan pengetahuan awal siswa, (3) Memotivasi siswa untuk mengadakai1 pembuktian terhadap hipotesis sementara yang telah ditetapkan, (4) Memantapkan temuan/jawaban siswa dengan melakukan sharing atau mengkomunikasikan hasil kepada pihak lain dalam rangka validasi, ( 5) Memberikan wnpan balik terhadap proses belajar siswa. · Kata Kunci: Optimalisasi Pembelajaran Fisika, Pendekatan Kontekstual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Warsono, S.Pd, M.Si
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Pembelajaran Fisika, Pendekatan Kontekstual
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2023 13:35
Last Modified: 30 Oct 2023 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61994

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum