ANALISIS ISI NASKAH BUKU PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MAN KELAS I DITINJAU DARI ASPEK PSIKOMOTOR DAN PERKEMBANGAN MENTAL SISWA

MAZRIKHATUL MIAH, NIM : 99454317 (2004) ANALISIS ISI NASKAH BUKU PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MAN KELAS I DITINJAU DARI ASPEK PSIKOMOTOR DAN PERKEMBANGAN MENTAL SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (ANALISIS ISI NASKAH BUKU PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MAN KELAS I DITINJAU DARI ASPEK PSIKOMOTOR DAN PERKEMBANGAN MENTAL SISWA)
99454317_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (ANALISIS ISI NASKAH BUKU PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MAN KELAS I DITINJAU DARI ASPEK PSIKOMOTOR DAN PERKEMBANGAN MENTAL SISWA)
99454317_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dengan memperhatikan latar belakang masalah serta rumusan di atas, maka penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui isi buku pelajaran Biologi MAN kelas I ditinjau dari aspek psikomotor. 2. Untuk mengetahui isi buku pelajaran Biologi MAN kelas I ditinjau dari perkembangan mental siswa MAN kelas I.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa : 1. Buku sains biologi untuk kelas satu MAN yang diterbitkan oleh PT. Bumi Aksara telah mengembangkan aspek psikomotor yang muncul sebanyak 535 cacah dan tersebar dalam lima taraf ketrampilan yaitu persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme dan respon komplek. J enis ketrampilan yang paling banyak dikembangkan adalah ketrampilan mengamati sebesar 42,99%, menjelaskan 12,336 % dan menjawab sebesar 7,85 %. Taraf ketrampilan yang paling banyak dikembangkan dalam buku sains biologi untuk kelas satu MAN yang diterbitkan oleh PT. Bumi Aksara adalah taraf ketrampilan persepsi yakni sebesar 43,178 % dan yang paling sedikit dikembangkan adalah taraf ketrampilan mekanisme 5 ,234 % dari total aspek psikomotor _ yang dikembangkan dalam buku. 2. Buku sains biologi untuk kelas satu MAN terbitan PT. Bumi Aksara telah mengembangkan aspek perkembangan mental siswa yang sesuai dengan siswa MAN kelas I dengan berdasarkan teori perkembangan kognitif Jean Piaget, hal ini di dasarkan pada banyaknya aspek berpikir formal yang dikembangkan dalam buku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ora. Hj. Maizer, SN, M.Si.
Uncontrolled Keywords: BIOLOGI, PENDIDIKAN
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2023 13:50
Last Modified: 03 Nov 2023 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum