KARAKTERISTIK BIOFOAM BERBAHAN DASAR LIMBAH KULIT SINGKONG DAN AMPAS TEBU DENGAN PENAMBAHAN JAMUR Fusarium sp. PENGGANTI STYROFOAM SINTETIS

Mukhammad Ibnu Muta’aal Kamdan, NIM: 18106040027 (2023) KARAKTERISTIK BIOFOAM BERBAHAN DASAR LIMBAH KULIT SINGKONG DAN AMPAS TEBU DENGAN PENAMBAHAN JAMUR Fusarium sp. PENGGANTI STYROFOAM SINTETIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KARAKTERISTIK BIOFOAM BERBAHAN DASAR LIMBAH KULIT SINGKONG DAN AMPAS TEBU DENGAN PENAMBAHAN JAMUR Fusarium sp. PENGGANTI STYROFOAM SINTETIS)
18106040027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KARAKTERISTIK BIOFOAM BERBAHAN DASAR LIMBAH KULIT SINGKONG DAN AMPAS TEBU DENGAN PENAMBAHAN JAMUR Fusarium sp. PENGGANTI STYROFOAM SINTETIS)
18106040027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Biofoam (Biodegradable foam) merupakan salah satu produk yang berpotensi menjadi alternatif pengganti styrofoam berbahan polimer sintesis. Pemanfaatan limbah pertanian yang mengandung pati dan selulosa seperti limbah kulit singkong dan ampas tebu, potensial dimanfaatkan sebagai substrat produksi biofoam dengan menggunakan penambahan bahan perekat berasal dari miselium jamur dari genus Fusarium sp. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi substrat dan waktu pertumbuhan miselium Fusarium sp. terhadap karakteristik mekanik (densitas) dan fisik (daya serap air dan biodegradibilitas) biofoam berbahan dasar limbah kulit singkong dan ampas tebu. Lima isolat Fusarium sp. (1BW2, 2BW, 2BW2, C3B, dan C2Pr) dievaluasi kemampuan tumbuhnya pada substrat bubuk kulit singkong dan ampas tebu dengan komposisi subtsrat dan masa inkubasi yang berbeda-beda. Isolat Fusarium sp. C3B terpilih berdasarkan hasil screening yaitu berdasarkan kemampuan tumbuhnya media campuran bubuk kulit singkong dan ampas tebu, dan nilai densitasnya. Isolat C3B memiliki aktivitas amilolitik dan selulolitik meski dengan nilai indeks enzim relatif rendah yaitu berturut-turut 4,30 dan 4,80 mm. Berdasarkan hasil uji mekanik dan fisik, komposisi 10 g bubuk kulit singkong berpengaruh secara signifikan terhadap produk biofoam sedangkan isolat C3B memiliki potensi dalam memperbaiki struktur dan kualitas produk biofoam pada waktu inkubasi 14 dan 21 hari. Dengan demikian, Fusarium sp. C3B memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan produk biofoam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Lela Susilawati, S.Pd., M.Si., PhD.
Uncontrolled Keywords: Biofoam, Fusarium sp., aktivitas enzimatis, limbah kulit singkong, ampas tebu.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Nov 2023 10:30
Last Modified: 03 Nov 2023 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62037

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum