PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA TINALAH DI KALURAHAN PURWOHARJO, SAMIGALUH, KULON PROGO, YOGYAKARTA

Rahmawati Ika Septyaningrum, NIM.: 16230057 (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA TINALAH DI KALURAHAN PURWOHARJO, SAMIGALUH, KULON PROGO, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA TINALAH DI KALURAHAN PURWOHARJO, SAMIGALUH, KULON PROGO, YOGYAKARTA)
16230057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA TINALAH DI KALURAHAN PURWOHARJO, SAMIGALUH, KULON PROGO, YOGYAKARTA)
16230057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Desa wisata merupakan salah satu bentuk penerapan pembangunan pariwisata berbasis masyarakat dan berkelanjutan yang banyak di manfaatkan sebagai peluang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga mampu memisahkan diri dari ketidakberdayaan dan membebaskan dari kemiskinan sehingga dapat berpengaruh dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. tidak lepas dari peran masyarakat dan pemerintah untuk mengembangkan desa melalui program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri pariwisata yang resmi berdiri pada tanggal 1 Oktober 2013. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan masyarakat serta mendeskripsikan dampak dari pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan Desa Wisata Tinalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penarikan informan menggunakan teknik kriteria. Informan dalam penelitian ini adalah Pemerintah Kalurahan Purwoharjo dan Pengelola Desa Wisata Tinalah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam proses pemberdayaan masyarakat melaui pengembangan Desa Wisata Tinalah melalui tiga proses. Pertama, Proses penyadaran dilakukan melalui musyawarah yang dilakukan oleh FKMT dan sosialisasi kepada masyarakat. Kedua,Proses pengkapaitasan melalui pendampingan dari kampus oleh Universitas Gajah Mada dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan berbagai pelatihan dari Dinas Pariwisata, Kampus, maupun secara mandiri. Ketiga, zona potensi dan inovasi digitalisasi wisata. Sedangkan dampak pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desa wisata yaitu dampak fisik berupa fasilitas pembangunan yang berkembang sedangkan non fisik berupa meningkatnya kepedulian masyarakat, penghargaan yang diperoleh, meningkatnya kegiatan studi banding dan kunjungan wisata, membuka lapangan pekerjaan baru serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh Abu Suhud M.Pd.
Uncontrolled Keywords: desa wisata, pemberdayaan masyarakat, pariwisata
Subjects: Pariwisata
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Nov 2023 09:56
Last Modified: 08 Nov 2023 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62127

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum