PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA KEBUN TEH NGLINGGO KALURAHAN PANGERHARJO SAMIGALUH KULON PROGO YOGYAKARTA

Elis HIdayaturrohmah, NIM.: 16230021 (2023) PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA KEBUN TEH NGLINGGO KALURAHAN PANGERHARJO SAMIGALUH KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA KEBUN TEH NGLINGGO KALURAHAN PANGERHARJO SAMIGALUH KULON PROGO YOGYAKARTA)
16230021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA KEBUN TEH NGLINGGO KALURAHAN PANGERHARJO SAMIGALUH KULON PROGO YOGYAKARTA)
16230021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sektor pariwisata pedesaan merupakan sumber penting aset pedesaan yang dapat berkontribusi pada pembangunan masyarakat. Industri pariwisata sangat perlu meningkatkan pembangunan pariwisata melalui pengembangan dan pemanfaatan sumber daya dan pariwisata nasional dan daerah, menjadikannya sebagai kegiatan ekonomi yang handal untuk meningkatkan devisa atau pendapatan asli daerah, memperluas dan menyeimbangkan peluang usaha dan lapangan kerja, terutama bagi masyarakat setempat. Wisata Kebun Teh Nglinggo menjadi objek wisata yang cukup terkenal di Kulon Progo. Kebun teh Nglinggo terletak di Padukuhan Nglinggo Timur, Kalurahan Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Kebun Teh Nglinggo ini letaknya di atas ketinggian 900-1000 meter di atas permukaan laut dan berada di pegunungan Menoreh. Area tanam kebun teh ini memiliki luas sekitar 72 hektar dengan rincian 57 hektar merupakan kebun teh yang produktif dan 15 hektar merupakan kebun teh yang kurang produktif. Wilayah kebun teh ini mayoritas 98% dimiliki masyarakat setempat sedangkan 2% sisanya dimiliki oleh PT. Pagilaran. Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti berkeinginan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan wisata Kebun Teh Nglinggo Kalurahan Pangerharjo, Samigaluh, Kulon Progo? dampak pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan wisata Kebun Teh Nglinggo Kalurahan Pangerharjo, Samigaluh, Kulon Progo? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yanng bersifat deskriptif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan wisata kebun teh Nglinggo ada tiga tahapan yaitu pertama tahap penyadaran, dimana proses penyadaran ini dilakukan dengan musyawarah dan berdiskusi langsung dengan masyarakat. kedua tahap pengkapasitasan, pada proses ini masyarakat diberikan pelatihan, seminar, dan pendampingan secara bertahap. Ketiga, tahap pendayaan, masyarakat diberikan bantuan dana dan peluang kerja. Sedangkan dampak yang dirasakan adanya pengembangan wisata kebun teh nglinggo antara lain (1) Menciptakan lapangan kerja di sektor wisata, (2) Meningkatkan Pendapatan, (3) Pelestarian Kebudayaan setempat oleh wisatawan, dan (4) Mendorong pembengunan berupa sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I,M.Si.
Uncontrolled Keywords: wisata, Kebun Teh Nglinggo, sosial ekonomi
Subjects: Pariwisata
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Nov 2023 10:49
Last Modified: 08 Nov 2023 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62128

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum