HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SMK YPKK I SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Lely Ulvi Rohmatika, NIM.: 07410110 (2011) HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SMK YPKK I SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SMK YPKK I SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SMK YPKK I SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan Utama yang di bahas dalam penelitiaan ini adalah : “sejauhmana pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar Pendidikan agama islam (PAI) siswa SMK YPKK I Sleman Yogyakarta Tahun ajaran 2010/2011”. Searah dengan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberaoa efektif pemanfaatan sumbet belajar oleh siswa SMK YPKK I Sleman Yogyakarta, untuk mengetahui seberapa tinggi prestasi belajar siswa, serta untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar pendidikan agama islam (PAI) siswa SMK YPKK I Sleman Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas XI SMK YPKK I Sleman Yogyakarta tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 118 siswa. Sampel yang di ambil seluruh siswa kelas XI yang telah memanfaatkan sumber belajar. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode angket dan dan do kumentasi yang sebagai metode pokoknya. Sedangkan metode analisa uang di gunakan adalah uji korelasi product moment. Dari hasil penelitian ini telah di ketahui bahwa pemanfaatan sumber belajar, terbukti memiliki hubungan dengan prestasi belajar PAI. Hal ini membuktikan pula bahwa dalam proses pengajaran, guru memang bukanlah bukanlah satu-satunya sumber belajar, walaupun tugas, peran, dan fungsinya dalam proses belajar mengajar sangatlah penting. Peran sumber belajar adalah bagian yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Namun yang kemudian menentuka adalah bagaimana sumber bealajar tersebut dapat di manfaatkan oleh siswa untuk belajar. Hal ini di buktikan dari hasil angket, dari 118 responden yang di teliti, mayoritas 77,1% telah secara efektif menggunakan sumber belajar. Sedangkan 13,6% sangat efektif menggunakan sumber belajar dan hanya 9,3% yang tidak efektif menggunakan sumber belajar. Sedangkan prestasi belajar PAI siswa SMK YPKK I Sleman Yogyakarta , termasuk dalam katagori baik, dengan rata-rata nilai PAI adalah 73,71, dari hasil uji hipotesis terbukti bahwa hubungan positif yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar PAI siswa SMK YPKK I Sleman. Koefisisen korelasi sebesar 0,547 menunjukan bahwa hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar tersebut termasuk dalam katagori sedang. Korelasi positif mengandung makna bahwa makin tinggi pemanfaatan sumber belajar, maka akan semakin meningkat pula prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Pendidikan Agama Islam (PAI), Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2023 10:55
Last Modified: 29 Nov 2023 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum