PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA PADA SESAMA MANUSIA DI MTS NEGERI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Isnaini, NIM.: 06410022 (2011) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA PADA SESAMA MANUSIA DI MTS NEGERI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA PADA SESAMA MANUSIA DI MTS NEGERI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA PADA SESAMA MANUSIA DI MTS NEGERI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa guru Akidah Akhlak mengalami banyak kendala dalam pembinaan akhlak mulia pada sesama manusia, hal ini disebabkan karena salah satu problem keagamaan di sekolah ini adalah kurangnya akhlak yang dimiliki peserta didik. Contohnya berbicara kurang sopan terhadap guru, sering membuat gaduh. Selain itu pada kenyataannya sekarang orang tua lebih menyerahkan tanggung jawabnya pada pihak sekolah terutama dalam memberikan pendidikan akhlak. Sehingga dengan ini guru akidah akhlak mempunyai peranan sangat penting. Yang menjadi permasalahan ini adalah problem apa sajakah yang dihadapi oleh guru Akidah Akhlak, peran apa sajakah yang diberikan oleh guru Akidah Akhlak, solusi apa sajakah yang diberikan dalam pembinaan akhlak mulia pada sesama manusia di MTs Negeri Piyungan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem yang dihadapi dan mengetahui peran dan metode apa sajakah yang diberikan guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak mulia pada sesama manusia di MTs Negeri Piyungan Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk meningkatkan peran guru Akidah Akhlak dalam pembinaan akhlak mulia pada sesama manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MTs Negeri Piyungan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisa interaktif yaitu analisa yang terdiri dari tiga alur analisa saling berinteraksi, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) problem yang dihadapi guru Akidah Akhlak di antaranya kurang cukupnya waktu yang tersedia untuk penyampaian materi secara maksimal, siswa sulit untuk diarahkan, penempatan jadwal jam Akidah Akhlak yang kurang tepat, kurangnya jumlah guru Akidah Akhlak, kecenderungan masyarakat bahwa pendidikan akhlak merupakan tanggung jawab sekolah, evaluasi/ penilaian, siswa kurang perhatian, taat dan berbuat baik jika ada guru, media. (2) Peran dan metode yang diberikan oleh guru Akidah Akhlak dilakukan dalam tiga macam cara yaitu: pembinaan melalui pembelajaran di kelas atau mengintegrasikan nilai-nilai akhlak ke dalam materi pelajaran, yaitu; pembiasaan (aspek ibadah, akhlak terhadap guru, akhlak terhadap teman), nasehat, metode ganjaran (memberi hadiah dan sanksi). Sedangkan pembinaan di luar jam pembelajaran yaitu; shalat Duha dan shalat Dzuhur berjama’ah, tadarus Al-Qur’an surat-surat pendek, infak setiap hari jum’at. Berikutnya adalah pembinaan dengan kerjasama, yaitu kerjasama yang dilakukan pihak madrasah dengan orangtua siswa dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembinaan, Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Habib edt
Date Deposited: 21 Nov 2023 14:36
Last Modified: 21 Nov 2023 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62264

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum