PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP N 1 CANGKRINGAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Zalik Nuryana, NIM.: 07410015 (2011) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP N 1 CANGKRINGAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP N 1 CANGKRINGAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP N 1 CANGKRINGAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII semester genap SMP N 1 Cangkringan tahun ajaran 2010/2011. Hubungan antara gaya belajar dan prestasi belajar diketahui dengan menggunakan rumus korelasi Phi (Phi Coefficient Correlation). Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Reseach) untuk jenis penelitian kuantitatif. Dari sudut tujuannya, penelitian ini menggunakan jenis penelitian verifikatif yang bertujuan untuk menjelaskan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dengan sumber penelitian di SMP N 1 Cangkringan ini yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII semester genap di SMP N 1 Cangkringan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk gaya belajar, a. Untuk gaya belajar visual terdapat 47% dengan jumlah 63 siswa, b. Untuk gaya belajar audio terdapat 31% dengan jumlah 42 siswa, c. Untuk gaya belajar kinestetik terdapat 22% dengan jumlah 30 siswa. 2. Untuk prestasi belajar, a. untuk siswa yang nilai 8 terdapat 8% dengan jumlah 11 siswa, b. untuk siswa yang nilai 7 terdapat 41% dengan jumlah 55 siswa, c. untuk siswa yang nilai 6 terdapat 28% dengan jumlah 38 siswa, d. untuk siswa yang nilai 5 terdapat 14% dengan jumlah 19 siswa, e. untuk siswa yang nilai 4 terdapat 7% dengan jumlah 10 siswa, f. Untuk siswa yang nilai 3 terdapat 2% dengan jumlah 2 siswa. Dari hasil perhitungan rumus Phi ditemukan df = N - nr = 135-2=133 (konsultasi table nilai “r”). dalam table tidak dijumpai df sebesar 133; karena itu kita pergunakan df sebesar 125, diperoleh r tabel pada taraf signifikansi 5% = 0,174, sedangkan pada taraf signifikansi 1%=0,228. Dengan demikian yang kita peroleh 0,342 adalah lebih besar jika disbanding dengan r tabel yaitu 0,174 dan 0,228. Dengan demikian maka hipotesis “a” diterima/disetujui. Berarti ada/terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar PAI kelas VIII semester genap SLTP N 1 Cangkringan. Sehingga kesimpulan akhir yang diperoleh adalah terdapat hubungan/pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII semester genap SMP N 1 Cangkringan tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sri Sumarni,M. Pd
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2023 15:28
Last Modified: 17 Nov 2023 15:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62277

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum