PROGRAM BIMBINGAN KONSELING PENGUATAN KESADARAN MASYARAKAT BERPANCASILA: STUDI KASUS DI DIREKTORAT PEMBINAAN MASYARAKAT POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Tri Novi Purwaningrum, NIM.: 20200012028 (2023) PROGRAM BIMBINGAN KONSELING PENGUATAN KESADARAN MASYARAKAT BERPANCASILA: STUDI KASUS DI DIREKTORAT PEMBINAAN MASYARAKAT POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM BIMBINGAN KONSELING PENGUATAN KESADARAN MASYARAKAT BERPANCASILA: STUDI KASUS DI DIREKTORAT PEMBINAAN MASYARAKAT POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20200012028__BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[img] Text (PROGRAM BIMBINGAN KONSELING PENGUATAN KESADARAN MASYARAKAT BERPANCASILA: STUDI KASUS DI DIREKTORAT PEMBINAAN MASYARAKAT POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20200012028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini untuk mengisi kekosongan tentang apa yang selama ini dianggap bahwa Polri memiliki tugas dan fungsi sebagai penegak hukum dan pengayom masyarakat, namun Polri juga dapat hadir dalam upaya pre-emptif untuk melakukan kesadaran kepada masyarakat berpancasila. Studi kasus yang diangkat dalam studi ini adalah Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Daerah Istimewa Yogyakarta dalam penguatan kesadaran masyarakat berpancasila dan untuk mengeksplorasi peran yang dilakukan oleh Polri dalam menjalankan program Pembinaan Masyarakat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan interpretatif untuk mengungkap norma subyektif atas fenomena yang dilakukan narasumber berdasarkan realitas yang ada. Selain itu, peneliti mencoba untuk membangun kepercayaan dengan narasumber penelitian untuk mengamati program pembinaan dan penyuluhan yang dilakukan oleh Ditbinmas Polda DIY. Dengan pendekatan observasi partisipatif, peneliti memungkinkan melakukan kerja lapangan secara intens sebagai upaya untuk mendalami semua data yang dibutuhkan dalam proses penelitian. Data yang dikumpulkan direncanakan selama tiga bulan (Oktober-Desember 2022). Analisis data dilakukan secara bersamaan ketika proses penelitian berlangsung. Selain itu, peneliti juga melakukan analisis data setelah selesai pengumpulan data untuk memetakan koding data. Peneliti menggunakan model analisis interaktif dengan merujuk pada pola Miles & Huberman, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik ini bertujuan untuk mengecek dan membandingkan data secara konsisten. Hal ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana temuan lapangan benar-benar representatif dengan kebutuhan eksplorasi data dalam penulisan laporan penelitian. Peran Polri dalam penguatan kesadaran berpancasila didefinisikan ke dalam tiga aspek dasar, yaitu sebagai katalisator, negosiator, dan koordinator. Sebagai katalisator Polri mengupayakan edukasi sejak dini terkait informasi kejahatan jalanan dan pelanggaran hukum yang melawan nilai-nilai pancasila. Sebagai negosiator upaya yang dilakukan oleh Polri dengan menjadi penegak hukum yang profesional sesuai ketetentuan perundangundangan berlaku dan tanpa memihak baik individu maupun kelompok saat terjadi permasalahan. Sebagai koordinator Polri selalu melibatkan stakeholder lain maupun lembaga/ orsosmas/ kelompok untuk menyatukan perbedaan pendapat dan komprehensif dalam menyelesaikan masalah. Ini sesuai dengan pendekatan Counseling Devepolment yang fokus pada kemanusiaan (human effectiveness model) dengan menekankan peran dan hubungan (roles and relationship), perilaku menyelesaikan masalah (coping behaviors), dan tugas perkembangan (developmental tasks).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor, SS., MA.
Uncontrolled Keywords: konselor, peran Polri, Counseling Psychology Prevention-Based
Subjects: Bimbingan Konseling
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Nov 2023 12:49
Last Modified: 20 Nov 2023 12:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62293

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum