PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO COMPACT DISC PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA

Heri Prasetya, NIM.: 06410029 (2011) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO COMPACT DISC PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO COMPACT DISC PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO COMPACT DISC PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR'.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa penggunaan VCD pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bambanglipuro sangat dibutuhkan guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Banyaknya VCD pembelajaran yang beredar menyulitkan guru PAI dalam mencari VCD pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kurikulum yang diterapkan di sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran dalam bentuk VCD di sekolahan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas penggunaan media pembelajaran khususnya mata pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Bambanglipuro. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan studi literatur, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif dan evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terciptanya sebuah produk akhir berupa VCD Pembelajaran Taharah melalui 11 tahapan: (1) Tahap analisis yang meliputi analisis situasi, materi dan kebutuhan. (2) Tahap pra-produksi yaitu menyusun desain produk berupa naskah video pembelajaran. (3) Tahap validasi desain yaitu evaluasi terhadap desain produk oleh ahli materi dan ahli media. (4) Tahap revisi desain yaitu penyempurnaan desain produk berdasarkan hasil evaluasi. (5) Tahap produksi yaitu proses perekaman video (shooting) sesuai naskah yang telah disempurnakan. (6) Tahap paska-produksi yaitu pengolahan video hasil shooting dengan menggunakan program Ulead VideoStudio 11 hingga menjadi produk awal. (7) Tahap validasi produk awal yaitu evaluasi terhadap produk awal oleh ahli materi dan ahli media. (8) Tahap revisi produk awal yaitu penyempurnaan produk awal berdasarkan hasil evaluasi. (9) Tahap ujicoba lapangan yaitu penerapan produk hasil pengembangan dalam pembelajaran PAI di kelas. (10) & (11) Tahap revisi produk yaitu penyempurnaan terhadap produk hasil pengembangan berdasarkan evaluasi tahap ujicoba lapangan hingga menjadi produk akhir yang siap untuk dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, VCD Pembelajaran, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:31
Last Modified: 05 Dec 2023 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62506

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum