PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI LOKAL WISATA NEGERI KAHYANGAN DI DUSUN SURODADI DESA WONOLELO KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG

Umi Sholiatun, NIM.: 19102030046 (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI LOKAL WISATA NEGERI KAHYANGAN DI DUSUN SURODADI DESA WONOLELO KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pemberdayaan Masyarakat berbasis Potensi Lokal Wisata Negeri Kahyangan Di Dusun Surodadi Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang)
19102030046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Pemberdayaan Masyarakat berbasis Potensi Lokal Wisata Negeri Kahyangan Di Dusun Surodadi Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang)
19102030046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu upaya dan hasil Pemberdayaan Masyarakat berbasis Potensi Lokal. Tujuan dari penelitian ini yaitu ntuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh masyarakat dalam proses pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal serta hasil dari upaya yang telah dilakukann. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu untuk mengumpulkan data dalam wawancara dan observasi, dengan data Wisata Negeri Kahyangan di Dusun Surodadi, Desa Wonolelo. Upaya yang dilakukan oleh BUMDes memiliki tiga tahapan yaitu tahapan Penyadaran yang berbentuk sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, pengembangan sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya modal. tahapan transformasi yang berbentuk gotong royong untuk pembangunan, pelatihan untuk menambah atau membentuk kemampuan, penyewaan tanah secara aktif yang digunakan untuk pembangunan kafe sebagai tempat berjualan masyarakat dan penampilan kesenian. Terakhir tahapan peningkatan kemampuan intelektual yang berbentuk berjualan ditempat wisatasebagai salah satu cara agar pendapatan tetap masuk, live musik untuk mendukung fasilitas wisata, dan camping. sehingga mendapatkan hasil yaitu terbentuknya lapangan pekerjaan, meningkatkan ekonomi, menciptakan hubungan yang lebih baik antar masyarakat, meningkatkan nama baik desa, meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan kemandirian masyarakat, dan meningkatkan partisipasi masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini dengan adanya pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal yang disesuaikan menurut rencana sudah berjalan sesuai dengan yang sudah disusun yaitu sebagai trobosan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi dan juga sebagai tempat rekreasi, hal ini dapat diketahui berjalan sesuai rencana yaitu pembangunan yang terus berlanjut dan ekonomi yang terus meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:Dr. Hj. Sriharini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Negeri Kahyangan; community empowerment; local potential; BUMDesa
Subjects: Masyarakat Islam
Pariwisata
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Dec 2023 11:19
Last Modified: 06 Dec 2023 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62521

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum