DISKURSUS HALAL DAN DILEMA AGAMA DI RUANG PUBLIK Wacana Pariwisata Halal pada Daerah Minoritas Muslim di Indonesia

Arisy Abror Dzukroni, NIM.: 21200011083 (2023) DISKURSUS HALAL DAN DILEMA AGAMA DI RUANG PUBLIK Wacana Pariwisata Halal pada Daerah Minoritas Muslim di Indonesia. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DISKURSUS HALAL DAN DILEMA AGAMA DI RUANG PUBLIK Wacana Pariwisata Halal pada Daerah Minoritas Muslim di Indonesia)
21200011083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DISKURSUS HALAL DAN DILEMA AGAMA DI RUANG PUBLIK Wacana Pariwisata Halal pada Daerah Minoritas Muslim di Indonesia)
21200011083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini mengkaji pergumulan wacana halal di ruang publik dengan fokus pariwisata halal di daerah minoritas muslim di Indonesia. Diskusi mengenai pariwisata halal di kalangan para sarjana kebanyakan memberi perhatian pada pada aspek normatif dan pengembangan industri. Tesis ini akan melanjutkan diskursus pariwisata halal di ranah sosiologis. Penelitian ini berkontribusi pada kajian ruang publik Habermasian yang dengan penekanan pada pengembangan diskursus agama di ruang publik. Tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analitik-deskriptif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah studi dokumentasi. Sumber data didapatkan dari dokumentasi berupa cetak maupun online baik dari media, laporan, buku, keputusan, dan lain sebagainya. Tesis ini membagi wacana pariwisata halal di Indonesia menjadi dua kategori, yakni pariwisata halal di daerah mayoritas muslim dan pariwisata halal di daerah minoritas muslim. Tesis ini melihat adanya penolakan-penolakan wacana pariwisata halal di beberapa daerah minoritas muslim seperti Bali, NTT, Toba, dan Tana Toraja. Penolakan tersebut didasarkan pada anggapan bahwa wacana pariwisata halal adalah agenda politik identitas, dapat menggerus budaya lokal, hegemoni agama, dan ancaman islamisasi. Tesis ini berargumen adanya tiga faktor terjadinya penolakan, yakni eksklusivitas halal, nihilnya konsistensi pemahaman, dan lemahnya sosialisasi oleh pemerintah. Terlepas dari itu, tesis ini juga beragumen bahwa wacana halal, khususnya di Indonesia, adalah suatu kebijakan negara yang pada awalnya berorientasi pada keuntungan pasar namun berimbas pada dominasi norma yang mencederai prinsip keterbukaan (openness). Dominasi norma inilah yang kemudian memicu adanya perlawanan terhadap kebijakan pemerintah di ruang publik (counter public).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moch. Nur Ichwan, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: pariwisata halal; islamisasi; ruang publik; common good, counterpublics
Subjects: Industri Halal
Pariwisata
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Industri dan Bisnis Halal
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Dec 2023 13:30
Last Modified: 06 Dec 2023 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum