HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DAN PERILAKU AGRESI VERBAL REMAJA

Bhanu Argani Widyatna, NIM: 17107010088 (2023) HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DAN PERILAKU AGRESI VERBAL REMAJA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Hubungan Intensitas Bermain Game online dan Perilaku Agresi Verbal Remaja)
17107010088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Hubungan Intensitas Bermain Game online dan Perilaku Agresi Verbal Remaja)
17107010088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku agresi verbal pada pemain game online merupakan suatu fenomena yang mudah di temui dan sering kali dianggap wajar, terkhusus oleh kalangan remaja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas bermain game online dan perilaku agresi verbal pada remaja. Subjek pada penelitian ini berjumlah 76 remaja yang berdomisili Yogyakarta, dan gemar bermain game online bernama Mobile Legend: Bang Bang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan penentuan ukuran minimal sampel menggunakan software G-Power. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan Verbal Aggressiveness Scale (VAS) yang dikembangkan oleh Infante dan Wigley (1986) untuk mengukur perilaku agresi verbal dan skala intensitas bermain game online dikonstruksi peneliti berdasarkan teori dari Chaplin (2010). Analisis data yang dipakai pada penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Perhitungan analisis regresi linier menghasilkan nilai F sebesar 6.247 dengan nilai p (signifikansi) sebesar 0.015, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara intensitas bermain game online dan perilaku agresi verbal. Adapun nilai sumbangan efektif intensitas bermain game online terhadap perilaku agresi verbal adalah sebesar 7.8% sedangkan 92.2% lainya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil ini menunjukkan bahwa intensitas bermain game online memberikan sumbangan terhadap kecenderungan perilaku agresi verbal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Denisa Apriliawati, S.Psi., M.Res.
Uncontrolled Keywords: perilaku agresi verbal, intensitas bermain game online, Mobile Legend
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Dec 2023 12:24
Last Modified: 11 Dec 2023 12:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62565

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum