PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH BANTUL MENGENAI PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT PASCA COVID (Studi Kasus Masyarakat Dusun Plakaran Kidul Kecamatan Banguntapan)

Muhammad Faiz Hanindra Sayogatama, NIM.: 17107020022 (2023) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH BANTUL MENGENAI PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT PASCA COVID (Studi Kasus Masyarakat Dusun Plakaran Kidul Kecamatan Banguntapan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH BANTUL MENGENAI PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT PASCA COVID (Studi Kasus Masyarakat Dusun Plakaran Kidul Kecamatan Banguntapan))
17107020022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH BANTUL MENGENAI PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT PASCA COVID (Studi Kasus Masyarakat Dusun Plakaran Kidul Kecamatan Banguntapan))
17107020022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat seluruh warga Indonesia mengalami penurunan pendapatan yang signifikan serta menimbulkan berbagai persepsi di kalangan masyarakat Indonesia. Pemerintah Indonesia serentak mengeluarkan peraturan PPKM ke berbagai daerah tak terkecuali Kabupaten Bantul. Akibat dari peraturan PPKM tersebut, masyarakat Dusun Plakaran Kidul Kelurahan Baturetno Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul mulai meningkatkan kewaspadaan dalam berkegiatan perekonomian. Sehingga secara tidak langsung masyarakat memiliki persepsinya untuk menentukan langkah yang ingin dipilih dalam mempertahankan kehidupannya dimasa pandemi hingga setelah pandemi selesai. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teori yang digunakan dari tokoh Sosiologi yaitu George Herbert Mead dengan teori Interaksionisme simbolik. Inti dari teori tersebuat adalah terdapat pikiran manusia (mind), diri manusia (self), dan masyarakat (society) sebagai landasan manusia dalam memaknai sebuah permasalahan sosial. Penelitian ini bertujuan menyajikan bentuk persepsi masyarakat Dusun Plakaran Kidul dalam memaknai pemberlakuan kebijakan pembatasan kegiatan Masyarakat selama pandemi dan dampak ekonomi yang ditimbulkan. Hasil penelitian menunjukkan tindakan masyarakat Dusun Plakaran Kidul didasari oleh kebutuhan dan pendapatan selama pandemi hingga saat ini. Karena masyarakat Dusun Plakaran Kidul merasa termotivasi untuk selalu bertahan hidup menghadapi virus Covid-19. Masyarakat Dusun Plakaran Kidul juga berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan selalu bersyukur ataskenikmatan yang sudah diberikan. Sehingga setelah pandemi mulai berangsur membaik, masyarakat Dusun Plakaran Kidul kembali meningkatkan usaha pendapatannya dan memperteguh setiap keputusan dalam mengambil tindakan dengan niat dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Norma Permata S.Ag., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pemberlakuan Kebijakan Kegiatan Masyarakat (PPKM); kegiatan ekonomi; interaksi sosial
Subjects: Covid-19
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Dec 2023 12:35
Last Modified: 11 Dec 2023 12:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62566

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum