TINDAKAN ORANGTUA DALAM MENGATUR PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI DUSUN CEME SRIGADING SANDEN BANTUL

Yunita Dwi Cahyaningrum, NIM.: 18107020064 (2023) TINDAKAN ORANGTUA DALAM MENGATUR PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI DUSUN CEME SRIGADING SANDEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINDAKAN ORANGTUA DALAM MENGATUR PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI DUSUN CEME SRIGADING SANDEN BANTUL)
18107020064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINDAKAN ORANGTUA DALAM MENGATUR PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI DUSUN CEME SRIGADING SANDEN BANTUL)
18107020064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Era digitalisasi telah merambah ke semua kalangan masyarakat termasuk anak-anak. Penggunaan gadget sebagai salah satu teknologi dalam era digital juga terjadi pada anak usia taman kanak-kanak. Manfaat dan dampak yang ditimbulkan tentu menjadi perhatian penting dalam mengatur penggunaan gadget tersebut. Sebagai orangtua yang masih mempunyai tanggung jawab penuh terhadap tumbuh kembang anak tentunya harus melakukan tindakan-tindakan yang rasional dalam mengatur penggunaan gadget pada anak terutama pada anak usia taman kanak-kanak agar tidak mengganggu perkembangan dan pertumbuhan anak secara optimal. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana mana tindakan orangtua dalam mengatur penggunaan gadget pada anak serta mengidentifikasi metode efektif dalam membatasi penggunaan gadget tersebut. Penelitian ini menggunakan teori tindakan yang dikemukakan oleh Max Weber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Hasil temuan yang didapat dalam penelitian ini adalah, anak usia taman kanak-kanak mayoritas telah mengalami kecanduan gadget, hal tersebut menjadi perhatian penting bagi orangtua dalam mengatasi masalah tersebut. Tindakan yang dilakukan oleh orangtua dalam mengatur penggunaan gadget pada anak ditinjau melalui perspektif tindakan rasionalitas nilai dan rasional instrumental yang dikemukakan oleh Max Weber yakni dengan ketegasan orangtua terhadap anak, mendampingi anak dalam bermain, membebaskan anak bermain dengan teman sebayanya, tidak bermain gadget di depan anak. Manajemen waktu, memfasilitasi mainan, diikutkan dalam kegiatan lain di luar sekolah dan memasukkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti, S.Sos., M.A
Uncontrolled Keywords: gadget; rasionalitas nilai; rasional instrumental; orangtua.
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Dec 2023 10:04
Last Modified: 29 Dec 2023 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62588

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum