PENGGUNAAN MEDIA AUDIO DALAM PEMBELAJARAN ISTIMA' DI MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011

Bekti Sulistiyo, NIM.: 07420035 (2011) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO DALAM PEMBELAJARAN ISTIMA' DI MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA AUDIO DALAM PEMBELAJARAN ISTIMA' DI MTS NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA AUDIO DALAM PEMBELAJARAN ISTIMA' DI MTS NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan media audio dalam pembelajaran istima' dan peningkatan kemahiran istima' dengan menggunakan media audio pada siswa kelas VIII B MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang didukung dengan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara dan dokmentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen menggunakan Uji Validitas dengan rumus Product Moment dan Uji Reliabilitas dengan rumus Spearman Brown, analisis datanya dengan rumus Uji Beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio dalam pembelajaran istima' berjalan dengan lancar dan dapat meningkatkan kemahiran istima' pada siswa kelas VIII B MTs Negeri Ngemplak Sleman dengan peningkatan yang signifikan. Peningkatan tersebut terlihat dari hasil analisa Uji Beda terhadap nilai Pretest, Postest Siklus I dan Postest Siklus II sebagai berikut: Hasil Nilai rata-rata Pretest, Postest Siklus I dan Postest Siklus II masing-masing adalah 6,24 , 7,24 dan 8, 27. Peningkatan dari nilai rata-rata pretest ke postest siklus I sebesar 1,00 , dari Postest siklus I ke Postest Siklus II sebesar 1,03 dan dari Pretest ke Postest Siklus II sebesar 2,03. Masing-masing peningkatan, jika dianalisis dengan rumus Uji Beda maka diperoleh nilai t-test sebesar 3,759 , 4,239 dan 7, 575. Hasil nilai t-test tersebut dapat dituliskan tt (5% = 2,021) te ( = 3,759), ( = 4,239), (= 7,575) tt (1% = 2,704). Ini berarti bahwa ketiga nilai te berada di atas atau lebih besar dari pada tt baik pada taraf 5% maupun 1%. Sehingga berdasarkan hasil analisis Uji Beda ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil nilai tes kemahiran istima'. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Media Audio, Pembelajaran Istima', Pendidikan Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Nov 2023 13:29
Last Modified: 03 Nov 2023 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6259

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum