COMMUNITY BASED TOURISM DALAM PENGELOLAAN PARIWISATA DESA KARANGREJO SEBAGAI BENTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Bagas Pramudya Ardhana, NIM: 19107020055 (2023) COMMUNITY BASED TOURISM DALAM PENGELOLAAN PARIWISATA DESA KARANGREJO SEBAGAI BENTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (COMMUNITY BASED TOURISM DALAM PENGELOLAAN PARIWISATA DESA KARANGREJO SEBAGAI BENTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT)
19107020055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (COMMUNITY BASED TOURISM DALAM PENGELOLAAN PARIWISATA DESA KARANGREJO SEBAGAI BENTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT)
19107020055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Borobudur. Status Desa Karangrejo sebagai desa satelit tidak membuat desa tersebut hanya menggantungkan sektor wisata pada daerah induk karena desa ini memiliki modal potensi. Potensi di Desa Karangrejo berupa potensi sumber daya alam dan dan potensi sumber daya kultural. Berkembangnya sektor pariwisata di Desa Karangrejo mengakibatkan masyarakat lokal beradaptasi dan mengangkat potensi-potensi lokal tersebut untuk menjadi produk pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Langkah-langkah strategis yang diambil masyarakat Karangrejo sebagai pengelola Desa Wisata Karangrejo dalam menjalankan dan mengembangkan sektor pariwisata di Desa Karangrejo. Riset ini menggunakan teori pemberdayaan melalui pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) untuk mengelaborasi pengimplementasian konsep CBT (Community Based Tourism) pada strategi pengelolaan pariwisata di desa ini. Jenis riset ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan metode wawancara mendalam kepada informan untuk mendapatkan sumber data primer, metode observasi untuk mendapatkan data berupa hasil pengamatan terhadap kondisi riil pada pariwisata Desa Karangrejo dan dokumentasi untuk mendapatkan data sekunder. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan tiga tahap analisis data yakni kodifikasi data penyajian data dan pengambilan kesimpulan Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa secara umum terdapat tiga strategi dalam pengelolaan pariwisata di Desa Karangrejo, (1) masyarakat berperan sebagai aktor penggerak dalam sektor pariwisata di Desa Karangrejo, (2) masyarakat memastikan kesiapan dan ketersediaan sektor pariwisata di Desa Karangrejo berdasarkan potensi desa, dan (3) Masing-masing aktor saling berkolaborasi terintegrasi untuk mengelola sektor pariwisata. Dalam proses ini terdapat tiga tahapan, yakni tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Strategi-strategi dan proses tersebut menunjukkan pengimplementasian konsep CBT pada pariwisata Desa Karangrejo sudah berjalan dengan baik. Masyarakat lokal sebagai stakeholder dari sektor ini berhasil mengembangkan potensi dan aset desa sebagai sebuah produk pariwisata. Kesuksesan sektor ini berdampak pada kemandirian desa dan kesejahteraan masyarakat lokal akibat dari proses pemberdayaan masyarakat oleh pemerintah maupun sesama masyarakat lokal sebagai fasilitatornya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti, S.Sos., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, CBT, Community Based Tourism
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Dec 2023 10:21
Last Modified: 29 Dec 2023 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62593

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum