AL SHAUQ FI AL SHI'R " IMROAH LAM TA'TI BA'DU" LI FARUQ JUWAIDAH (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMYAIYYAH LI MICHAEL RIFFATERRE)

Gilang Inggit Maulana, NIM.: 18101010051 (2022) AL SHAUQ FI AL SHI'R " IMROAH LAM TA'TI BA'DU" LI FARUQ JUWAIDAH (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMYAIYYAH LI MICHAEL RIFFATERRE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL SHAUQ FI AL SHI'R " IMROAH LAM TA'TI BA'DU" LI FARUQ JUWAIDAH (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMYAIYYAH LI MICHAEL RIFFATERRE))
18101010051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL SHAUQ FI AL SHI'R " IMROAH LAM TA'TI BA'DU" LI FARUQ JUWAIDAH (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMYAIYYAH LI MICHAEL RIFFATERRE))
18101010051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi berjudul “Kerinduan Dalam Puisi Imroatun Lam Ta’ti Ba’du Karya Faruq Juwaidah (Analisis Semiotik Michael Riffaterre)” ini bertujuan untuk mengkaji dan menemukan segala tanda yang terdapat dalam puisi “Imroatun Lam Ta’ti Ba’du” pada antologi puisi Lau Annana Lam Naftariq karya Faruq Juwaidah. Puisi ini secara umum menggambarkan keadaan seseorang yang ditinggal oleh orang-orang tercintanya. Penelitian ini menggunakan teori semiotik milik Michael Riffaterre yang mempunyai pandangan bahwa puisi memiliki makna yang tidak langsung dan puisi memiliki ciri utama yaitu kesatuannya. Pada penelitian ini, peneliti akan membaca, memahami, dan menjelaskan setiap kata dalam puisi dalam beberapa tahapan. Adapun masalah mendasar yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah apa kerinduan yang terdapat pada puisi “Imroatun Lam Ta’ti Ba’du” karya Faruq Juwaidah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka yang mana ia tergolong dalam penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini puisi “Imroatun Lam Ta’ti Ba’du” karya Faruq Juwaidah, serta beberapa puisi karya Faruq Juwaidah lain yang masih berhubungan dengan objek material penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik catat dan membaca berulang-ulang sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerinduan puisi ”Imroatun Lam Ta’ti Ba’du” adalah kerinduan dari orang-orang mesir kepada kekasih serta dan tanah air yaitu Mesir di zaman dahulu. Hal ini disebabkan karena kediktatoran dari Presiden Mesir Husni Mubarok yang membuat banyak orang pada waktu itu terpenjara secara paksa. Namun dalam keadaan yang seperti itu orang-orang mesir tetap optimis dan berharap akan ada masa yang cerah setelah masa yang kelam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ridwan, S.Ag. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kerinduan, Puisi “Imroatun Lam Ta’ti Ba’du”, Semiotik Michael Riffaterre.
Subjects: Kesusastraan Arab > Puisi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2024 13:58
Last Modified: 03 Jan 2024 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62645

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum