AL-‘ANASIR AD-DAKHILIYYAH FI AL-QISSAH AL-QASIRAH ABADAN LAM TAKUN HIYA LI MUHAMMAD HASAN AL-KUWARI DIRASAH TAHLILIYAH DAKHILIYAH ‘INDA ROBERT STANTON

Ida Chairun Nisa’, NIM.: 18101010068 (2022) AL-‘ANASIR AD-DAKHILIYYAH FI AL-QISSAH AL-QASIRAH ABADAN LAM TAKUN HIYA LI MUHAMMAD HASAN AL-KUWARI DIRASAH TAHLILIYAH DAKHILIYAH ‘INDA ROBERT STANTON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL-‘ANASIR AD-DAKHILIYYAH FI AL-QISSAH AL-QASIRAH ABADAN LAM TAKUN HIYA LI MUHAMMAD HASAN AL-KUWARI DIRASAH TAHLILIYAH DAKHILIYAH ‘INDA ROBERT STANTON)
18101010068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (881kB) | Preview
[img] Text (AL-‘ANASIR AD-DAKHILIYYAH FI AL-QISSAH AL-QASIRAH ABADAN LAM TAKUN HIYA LI MUHAMMAD HASAN AL-KUWARI DIRASAH TAHLILIYAH DAKHILIYAH ‘INDA ROBERT STANTON)
18101010068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang berjudul “Al-‘Anas}ir Ad-Da>khiliyyah fi> al-Qis{s}ah al-Qas}i>rah Abadan Lam Takun Hiya li Muh}ammad H}asan al-Kuwa>ri> Dira>sah Tah}li>liyah Da>khiliyah ‘Inda Robert Stanton” ini bertujuan mengungkap unsur-unsur intrinsik dan hubungan antar unsurnya dalam cerpen “Abadan Lam Takun Hiya”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa unsur yang menarik karena cerpen yang diteliti masih terbilang baru. Adapun unsur yang terdapat di dalam cerpen ini berkaitan antara satu unsur dengan unsur lainnya. Al-Kuwa>ri> menuangkan detail-detail penceritaannya secara cermat mulai dari tema, fakta cerita hingga sarana sastra. Penelitian ini menggunakan teori stukturalisme yang dicetuskan oleh Robert Stanton yang berfokus pada tiga pembagian yakni tema, fakta cerita yang meliputi alur, karakter, latar dan sarana sastra yang meliputi judul, sudut pandang, gaya bahasa dan tone, simbolisme, dan ironi. Dalam penelitian ini juga dipaparkan keterkaitan antar unsur yang menjadikan cerpen ini dapat dipahami maknanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerpen ini terbentuk dari unsur-unsur yang hadir secara faktual dan sarana sastra yang terdapat di dalamnya menjadikan cerpen ini mempunyai nilai estetika. Dari penelitian dan penjabaran mengenai fakta cerita dan sarana sastra dapat ditemukan tema yang menyatukan semua unsur yang terdapat di dalamnya. Kemudian keterkaitan antar unsur dalam cerpen ini berkaitan secara fungsional, kausal dan terstruktur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh Kanif Anwari,M. Ag
Uncontrolled Keywords: Unsur Intrinsik, Al-Kuwari, Cerpen Abadan Lam Takun Hiya, Strukturalisme Robert S
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2024 13:54
Last Modified: 03 Jan 2024 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62649

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum