AL INHILAL AL BI'IYYI FI MAJMU AL QISASI AL QASIRAH FUNDUQ AL THA'ALIBI LI MUHAMMAD AL MAKHZANJI (DIRASAH BI'IYYAH LI GREG GARRARD)

Hafizh Qurrota Ayun, NIM.: 20201011001 (2022) AL INHILAL AL BI'IYYI FI MAJMU AL QISASI AL QASIRAH FUNDUQ AL THA'ALIBI LI MUHAMMAD AL MAKHZANJI (DIRASAH BI'IYYAH LI GREG GARRARD). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL INHILAL AL BI'IYYI FI MAJMU AL QISASI AL QASIRAH FUNDUQ AL THA'ALIBI LI MUHAMMAD AL MAKHZANJI (DIRASAH BI'IYYAH LI GREG GARRARD))
20201011001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL INHILAL AL BI'IYYI FI MAJMU AL QISASI AL QASIRAH FUNDUQ AL THA'ALIBI LI MUHAMMAD AL MAKHZANJI (DIRASAH BI'IYYAH LI GREG GARRARD))
20201011001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sastra dan keadaan lingkungan yang buruk menghasilkan konsep ekokritik. Ekoritik membawa karya sastra menunjukkan kepedulian dan solusi terhadap masalah lingkungan. Kumpulan Cerpen S{ayyad al-Nasi>m karya Muhammad Makhzanji adalah salah satu karya sastra yang menggambarkan degradasi lingkungan. Pada karya-karya sebelumnya, Muhammad Makhzanji menceritakan penderitaan hewan dan tumbuhan akibat degradasi, namun dalam cerpen S{ayyad al-Nasi>m diceritakan penderitaan yang dialami oleh manusia akibat degradasi lingkungan perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk memaaparkan bentuk kerusakan lingkungan dan bentuk interaksi serta respon manusia terhadap lingkungan pada kumpulan cerpen S{ayyad al-Nasi>m. Cerpen yang menjadi sumber data ada enam, yaitu Kayfa S{irtu Ma>hiran fi> Laylah Wa>h}idah?!, S{ayya>d al-Nasi>m, Shajarah al-Ba>wuba>b, Nantaz}ir wa Nura>qib, Wuzzah Niha>yat al-‘A<lam, Bilughah al-Isha>rah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Teknik pengumpulan data tersebut berlandaskan pada pendekatan ekokritik Greg Garrard yaitu pencemaran, hutan belantara, bencana, pemukiman, binatang, dan bumi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Dengan metode ini peneliti akan memaparkan masalah-masalah ekologi dan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan yang terdapat dalam kumpulan cerpen S{ayya>d al-Nasi>m dengan menggunakan semiotika Charles William Morris. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk degradasi lingkungan urban yang ada dalam kumpulan cerpen S{ayyad al-Nasi>m, bentuknya berupa pemanasan global, perencanaan tata kota yang tidak baik dan limbah perkotaan. Hasil penelitian ini juga memaparkan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan, serta respon yang seharusnya dilakukan pemerintah dan masyarakat kota terhadap degradasi lingkungan. Penelitian ini juga menunjukkan salah satu pandangan ekstrim Makhzanji atas upaya menyelamatkan lingkungan, yaitu dengan hilangnya manusia dari bumi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ridwan, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Ekokritik, Morris, Kota, Muhammad Makhzanji.
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2024 09:56
Last Modified: 05 Jan 2024 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum