IDEOLOGI FEMINISME DALAM NOVEL WA NASITU ANNI IMRA 'AH KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS (KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMANN)

Ulfa Kumia, NIM.: 20201012012 (2022) IDEOLOGI FEMINISME DALAM NOVEL WA NASITU ANNI IMRA 'AH KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS (KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMANN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDEOLOGI FEMINISME DALAM NOVEL WA NASiTU ANNI IMRA 'AH KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS (KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMANN))
20201012012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (IDEOLOGI FEMINISME DALAM NOVEL WA NASiTU ANNI IMRA 'AH KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS (KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMANN))
20201012012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Eksistensi sebuah karya sastra tidak dapat dilepaskan dari pandangan dunia pengarangnya, karena sebuah karya sastra merupakan hasil dari campuran pengalaman, imajinasi, pemikiran, renungan, persepsi, dan rekaman budaya pengarang tentang sesuatu dalam dirinya dan masyarakat di sekelilingnya. Penelitian ini berjudul ldeologi Feminisme dalam Novel Wa Nasztu Annz lmra 'ah Karya Ihsan Abdul Quddus (Kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann) dengan tujuan untuk: 1) Mengembangkan paham tentang hubungan novel Wa Nasztu Annz lmra 'ah dengan pengarangnya Ihsan Abdul Quddus; 2) Mengembangkan paham tentang hubungan antara novel Wa Nasztu Annz lmra 'ah dan sistem sosiokultural zamannya yang meliputi Wa Nasztu Annz lmra 'ah dan sistem kultural zamannya, dan Wa Nasztu Annz lmra 'ah dan struktur sosial zamannya, serta pandangan dunia yang mencerminkan kelompok sosial pengarang; 3) Mengembangkan paham tentang ldeologi Feminisme Ihsan Abdul Quddus dalam novel Wa Nasztu Annz lmra 'ah berdasarkan subjek kolektif dan pandangan dunia. Kemunculan novel Wa Nasztu Annz lmra 'ah dilatarbelakangi oleh kisah-kisah perjuangan wanita-wanita Mesir. Ketika kaum perempuan memperjuangkan hak memilih dan kebutuhan bagi perempuan untuk memiliki semua hak politik dan keanggotaan di dewan lokal dan parlemen. Ihsan Abdul Quddus bertujuan untuk menyampaikan kondisi wanita Mesir dari sebelum revolusi hingga beberapa saat kemudian, selama waktu itu sosok perempuan mulai muncul di masyarakat Mesir dan turun untuk bekerja bersama pria, dan hal ini tidak biasa bagi masyarakat di waktu itu. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan jenis penelitian kualitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan dara model Miles dan Huberman, yang terdiri dari empat langkah yaitu: a) data collection (pengumpulan data); b) data reduction (reduksi data) mereduksi data dengan menggunakan intrumen penelitian kartu data; c) data display (penyajian data); dan d) conclusing drawing (penarikan kesimpulan). Teknik analisis data dalam penelitian strukturalisme genetik menggunakan metode dialektik dengan cara pemahaman dan penjelasan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) bahwa hubungan antara novel Wa Nasztu Annz lmra 'ah dan pengarangnya Ihsan Abdul Quddus mencerminkan realitas kehidupan pengarang. Novel Wa Nasztu Annz lmra 'ah homolog dengan kisah kehidupan pribadinya dan homolog dengan kondisi Mesir pada era novel terbit yang menyampaikan kondisi wanita Mesir dari sebelum revolusi hingga beberapa saat kemudian, selama waktu itu perempuan mulai muncul di masyarakat Mesir dan turun untuk bekerja bersama pria; 2) hubungan antara novel Wa Nasztu Annz lmra 'ah dan sistem sosio-kultural zamannya merupakan bentuk ekspresi pengarang yang mengidentifikasi lahirnya pandangan dunianya; 3) ldeologi Feminisme Liberal merupakan pandangan dunia pengarang yang lahir dari bagian subjek kolektif yang diwakili oleh pengarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Yulia N rul Latifi, S. Ag, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Ideologi Feminisme, Novel Wa Nasztu Annz lmra 'ah, Ihsan Abdul Quddus, strukturalisme genetik Lucien Goldmann.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2024 10:50
Last Modified: 05 Jan 2024 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62709

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum