INTERAKSI SOSIAL PEMULUNG DI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERPADU (TPST) KALURAHAN SITIMULYO KAPANEWON PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL

Ani Nuralwiya, NIM.: 19102050033 (2023) INTERAKSI SOSIAL PEMULUNG DI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERPADU (TPST) KALURAHAN SITIMULYO KAPANEWON PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI SOSIAL PEMULUNG DI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERPADU (TPST) KALURAHAN SITIMULYO KAPANEWON PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL)
19102050033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI SOSIAL PEMULUNG DI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERPADU (TPST) KALURAHAN SITIMULYO KAPANEWON PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL)
19102050033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemulung merupakan suatu profesi dimana mereka mencari nafkah dengan cara memungut dan memanfaatkan barang-barang bekas yang masih memiliki nilai jual seperti kardus, kaleng, botol bekas minuman, plastik dan lain sebagainya. Setelah mengumpulkan hasil pungutannya tersebut, kemudian mereka menjualnya kepada pengepul yang akan mendistribusikan dan mengolahnya kembali menjadi barang komoditi. Pemulung dalam melangsungkan kehidupan dan dalam kegiatan pekerjaannya itu tidak terlepas dari perilaku berinteraksi dengan sesama pemulung lain dan juga perangkat lainnya yang terlibat dalam proses mereka bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana latar belakang kehidupan sosial pemulung di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Dusun Ngablak, Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan Kabupaten Bantul, serta bagaimana interaksi sosial pemulung yang terjadi di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Dusun Ngablak, Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul? Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan yang bersifat kualitatif, dimana data yang dikumpulkan adalah dengan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dan diolah dengan menggunakan metode deskriptif dan analitis dengan pola pikir yang induktif. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa Interaksi sosial yang terjadi pada pemulung di TPST Piyungan, Bantul ini terjalin dengan baik, rukun, dan juga damai. Hal ini dapat ditandai dengan fenomena sikap yang muncul diantara seluruh pemulung dengan wujud saling bersinergi, serta orang-orangnya juga yang tidak membeda-bedakan antara pemulung yang telah lama bekerja dilingkungan tersebut dari mulai awal didirikannya TPST Piyungan dengan pemulung pendatang yang juga berasal dari daerah-daerah yang cukup jauh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemulung, Pengepul, Interaksi Sosial, TPST Piyungan
Subjects: Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Jan 2024 11:35
Last Modified: 08 Jan 2024 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62761

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum