STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK PADA KELOMPOK B1 DI TK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA 2022/2023

Saffira, NIM.: 18104030078 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK PADA KELOMPOK B1 DI TK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK PADA KELOMPOK B1 DI TK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA 2022/2023)
18104030078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK PADA KELOMPOK B1 DI TK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA 2022/2023)
18104030078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak kelompok B1 yang memiliki kemandirian yang baik, hal ini tidak terlepas dari peran guru dalam membentuk strategi kemandirian pada kelompok B1 di TK Islam Terpadu Salsabilla Al- Muthi’in Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini kepala sekolah, guru dan murid kelompok B1 yang berusia 5-6 tahun berjumlah 29 murid. Teknik pengumpulan data keseluruhannya menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data menganut teori Miles dan Huberman yaitu (1) Kondensasi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian: (1) Strategi guru dalam mengembangkan kemandirian anak pada kelompok B1 di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in diantaranya: membuat peta konsep pembelajaran, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, guru memberikan stimulus, guru memberikan perilaku pembiasaan, guru memberikan apresiasi. (2)Bentuk kemandirian pada kelompok B1 di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in diantaranya: kemandirian emosi, kemandirian intelektual, kemandirian sosial (3)Faktor pendukung guru dalam mengembangkan kemandirian anak ialah pola asuh orang tua, sistem pendidikan, sistem masyarakat. Sedangkan, faktor penghambatnya ialah: pola asuh orang tua yang overprotective,lepas kontrol,keras, gamang dan pilihkasih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Perkembangan Anak, Kemandirian Anak
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 11:02
Last Modified: 11 Jan 2024 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62880

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum