KOMUNIKASI PEMBANGUNAN EKONOMI UMAT PASCA PANDEMI COVID-19 OLEH LAZISMU TEMANGGUNG

Rifan Fauzan, NIM.: 21202012007 (2023) KOMUNIKASI PEMBANGUNAN EKONOMI UMAT PASCA PANDEMI COVID-19 OLEH LAZISMU TEMANGGUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI PEMBANGUNAN EKONOMI UMAT PASCA PANDEMI COVID-19 OLEH LAZISMU TEMANGGUNG)
21202012007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI PEMBANGUNAN EKONOMI UMAT PASCA PANDEMI COVID-19 OLEH LAZISMU TEMANGGUNG)
21202012007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu dampak dari pandemi covid 19 adalah pada sektor ekonomi yang hampir semua sektor mengalami penurunan. Tidak terkecuali di Temanggung sendiri, masyarakat juga terdampak pandemi covid 19, kondisi ekonomi pada masyarakat juga mengalami keterpurukan di berbagai sektor. Masyarakat dalalm kondisi ini tentunya harus mendapatkan dukungan secara moral dan materi. Lazismu Temanggung menjadi lembaga yang turut mempunyai andil dalam penanganan dan pemulihan pandemi covid 19 di berbagai sektor termasuk pada s ektor ekonomi. Lazismu Temanggung berperan dalam penanggulangan dan pemulihan dari sektor ekonomi melalui program yang telah ditentukan dan telah diadaptasikan dengen kondisi pandemi covid 19. Penelitian berjenis kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, berfokus untuk menggali terkait pemetaan, perencanaan, dan pelaksanaan komunikasi pembangunan ekonomi umat. Dalam alur komunikasi pembangunan dalam ekonomi umat yang dilakukan oleh Lazismu Temanggung menggunakan komunikasi Top-Down dan Bottom-Up yang dilakukan oleh Lazismu Temanggung dianalisi dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan teori strategi komunikasi pembangunan dari John Middleton, yang mempunyai 10 aspek yang digunakan, yaitu; pengumpulan data base line dan needs assignment, perumusan tujuan komunikasi, analisis perencanaan dan pengembangan strategi, analisis segmentasi khalayak, pemilihan media, desain dan pengembangan pesan, perencanaan manajemen, pelaksanaan pelatihan, implementasi atau pelaksanaan, dan evaluasi program. Dalam teori tersebut ada beberapa aspek yang dalam penelitian tidak terlalu relevan terhadap data yang ditemukan. Alur komunikasi John Middleton pembangunan ekonomi umat yang dilakukan Lazismu Temanggung ada aspek yang tidak selaras dengan apa yang ada di lapangan. Lazismu Temanggung mengumpulkan data umat yang terdampak oleh pandemi covid-19 dengan bekerjasama dengan MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center). Berdasarkan pedoman atau visi misi dan tujuan dari Lazismu yang telah dirumuskan, dipilih umat yang berhak mendapatkan manfaat atau bantuan. Dalam penentuan perencanaan, Lazismu Temanggung mempunyai mekanisme dalam perumusan rencana komunikasinya. Dewan pengawas, dewan syariah, badan pengurus yang akan menentukan kebijakan yang akan dijalankan oleh badan eksekutif yang ada di Lazismu Temanggung. Pelaksanaan atau implementasi komunikasi yang berlangsung dilakukan dengan memanfaatkan pihak – pihak yang ada dalam organisasi Muhammadiyah yang ada di Temanggung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. M. Kholili, M.Si.
Uncontrolled Keywords: development communication; community economy; Lazismu Temanggung; muaidhah hasanah
Subjects: Komunikasi Islam
Covid-19
Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Jan 2024 13:37
Last Modified: 12 Jan 2024 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum