PENGARUH RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI DUDA PASCA BERCERAI DENGAN SELF ESTEEM SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Frinda Dewi Pertiwi, NIM.: 21200012028 (2023) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI DUDA PASCA BERCERAI DENGAN SELF ESTEEM SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI DUDA PASCA BERCERAI DENGAN SELF ESTEEM SEBAGAI VARIABEL MEDIASI)
21200012028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI DUDA PASCA BERCERAI DENGAN SELF ESTEEM SEBAGAI VARIABEL MEDIASI)
21200012028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Manusia sebagai mahluk sosial tidak luput dari permasalahan kehidupan termasuk dalam mengarungi rumahtangga. Berbagai permasalahan yang terjadi salah satunya fase kehilangan pasangan hidup akibat perceraian. Banyaknya kasus perceraian, terjadi tidak adanya kesiapan dalam membina rumah tangga secara finansial. Ketimpangan kurangnya pemasukan kepala rumahtangga terhadap kebutuhan keluarga yang membengkak sehingga memunculkan konflik yang berakhir perceraian dan memperoleh status baru sebagai duda. Identitas duda secara tidak langsung menjadi tantangan dalam diri. Kurangnya kemauan untuk bangkit disebabkan merasa kehilangan pasangan hidup pasca bercerai serta seterotipe lingkungan menekan psikologis duda. Perlunya bangkit dari permasalahan bercerai sebagai penanggulangan dampak negatif dengan resiliensi. Tinggi rendahnya resiliensi dipicu dari faktor internal meliputi religiusitas dan self esteem, faktor eksternal seperti dukungan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara langsung dan pengaruh tidak langsung dari religiusitas dan dukungan sosial terhadap resiliensi dengan self esteem sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan jenis explanatory research. Lokasi penelitian di Pengadilan Agama Banyuwangi dengan total 204 responden. Teknik pengumpulan data dengan empat skala terdiri dari skala religiusitas mengacu dari Gotlieb, skala dukungan sosial mengacu dari Sarafino, skala self esteem mengacu dari Coopersmith, dan skala resiliensi yang mengacu dari Grotberg dengan pengukuran kuesioner menggunakan skala likert dan dianalisis smartPLS. Adapun hasil yang ditemukan: 1)Ada pengaruh langsung religiusitas terhadap resiliensi dengan nilai 0.015<0.05. 2)Ada pengaruh langsung dukungan sosial terhadap resiliensi dengan hasil 0.005<0.05. 3)Ada pengaruh langsung self esteem terhadap resiliensi dengan nilai 0.000<0.05. 4)self esteem mampu memediasi religiusitas terhadap resiliensi dengan nilai 0.000<0.05. 5)self esteem tidak dapat memediasi dukungan sosial terhadap resiliensi dengan hasil p-values 0.232>0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurus Sa`adah, S.Psi, M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Dukungan Sosial, Self Esteem, Resiliensi
Subjects: Bimbingan Konseling
Sosial, Interaksi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:56
Last Modified: 19 Jan 2024 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63091

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum