ANALISIS MAQASHID SYARIAH TERHADAP PENAMBANGAN GALIAN GOLONGAN C (Di Desa Uning Kecamatan Pengasing Kabupaten Aceh Tengah)

Massura Putri Syahru, NIM.: 21203012007 (2023) ANALISIS MAQASHID SYARIAH TERHADAP PENAMBANGAN GALIAN GOLONGAN C (Di Desa Uning Kecamatan Pengasing Kabupaten Aceh Tengah). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MAQASHID SYARIAH TERHADAP PENAMBANGAN GALIAN GOLONGAN C (Di Desa Uning Kecamatan Pengasing Kabupaten Aceh Tengah))
21203012007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MAQASHID SYARIAH TERHADAP PENAMBANGAN GALIAN GOLONGAN C (Di Desa Uning Kecamatan Pengasing Kabupaten Aceh Tengah))
21203012007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Praktik penambangan ilegal/tanpa izin di Desa Uning adalah usaha penambangan yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau perusahaan / yayasan berbadan hukum yang dalam operasinya tidak memiliki izin dari instansi pemerintah pusat atau daerah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Namun dampak yang ditimbulkan tidak hanya dirasakan oleh perorangan/ kelompok orang atau perusahaan tetapi bisa menyebabkan kerugian lingkungan, belum lagi jumlah pencemaran bahan tambangnya paling tinggi. Kegiatan penambangan tanpa izin memberikan dampak negatif terhadap aspek ekologi dan sosial ekonomi kepada masyarakat local, khusus nya yang berada di sekitaran lokasi penggalian tersebut Jenis penyusunan ini adalah penyusunan lapangan (field reseacrh) dengan metode kualitatif. Sementara itu, sifat penyusunan ini adalah deskriptif-analitis dengan pendekatan normatif empiris. Artinya, penyusunan hukum normatif kombinasi empiris mendiskripsikan pelaksanaan galian penambangan golongan C di desa Uning kecamatan Pegasing kabupaten Aceh Tengah kemudian menganalisis dan mengevaluasinya dengan teori perspektif maqashid syariah. Sedangkan dalam pengumpulan data, Penyusun menggunakan 2 tahap yaitu; Pertama, mengumpulkan data dari sumber hukum primer, sekunder dan tersier yang berhubungan dengan penyusunan ini. Kedua, mengumpulkan data primer dari informan melalui observasi, Wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penyusunan menunjukkan bahwa usaha penambangan dilakukan dengan kurang memperhatikan akibatnya terhadap lingkungan hidup, maka akan berdampak negatif bagi kerusakan lingkungan, dampak positifnya perekonomian masyarakat setempat menjadi lebih baik dengan adanya aktivitas penambangan. Perspektif maqashid syariah rusaknya lahan pertanian karena adanya penambangan tanah membuat petani mengalami kerugian lantaran hasil panen menurun dan tidak maksimal sehingga dikhawatirkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kesehariannya. Hal ini tidak sejalan dengan maqāṣhid syarī‟ah hifdzu nafs (memelihara jiwa) dan Hifdzul mal (Menjaga Harta) sebab dalam maqāṣhid syarī‟ah hifdzu mal menjaga lahan pertanian sama halnya dengan memelihara harta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Tantowi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Maqashid Syariah Perspective; Class C Quarry Mining
Subjects: Ilmu Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Jan 2024 14:30
Last Modified: 24 Jan 2024 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63198

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum