DINAMIKA KONSEP DIRI PADA REMAJA PECANDU GAME ONLINE : PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISTIK

Miftahul Ulum, NIM.: 21200012026 (2023) DINAMIKA KONSEP DIRI PADA REMAJA PECANDU GAME ONLINE : PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISTIK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA KONSEP DIRI PADA REMAJA PECANDU GAME ONLINE : PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISTIK)
21200012026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Updated Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA KONSEP DIRI PADA REMAJA PECANDU GAME ONLINE : PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISTIK)
21200012026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis mengenai konsep diri pada remaja pecandu game online, faktor-faktor yang membentuk konsep diri serta pandangan teori behavioristik mengenai dinamika konsep diri remaja pecandu game online. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pelengkap dan pendukung data penelitian. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa konsep diri remaja pecandu game online ialah sering merasa terasing dari lingkungan sosial, kehilangan rasa percaya diri, dan mengalami perasaan rendah diri karena kurangnya prestasi di dunia nyata. Konsep diri mereka sering kali terkait erat dengan pencapaian dan popularitas di dalam permainan online, yang dapat memberi mereka perasaan keberhasilan dan pengakuan. Adapun faktor-faktor terbentuknya konsep diri pecandu game online yaitu faktor lingkungan, interaksi yang berlebihan dengan dunia maya, dan pengalaman positif dalam permainan, selain itu ada faktor psikologis juga yang menjadi faktor terbentuknya konsep diri remaja pecandu game online. Mereka menjadikan permainan sebagai bentuk pelarian dari masalah atau ketidakpastian dalam kehidupan nyata, sedangkan game online menciptakan suatu identitas yang diinginkan dan dihargai dalam dunia virtual. Selanjutnya dari perspektif teori behavirostik mengatakan bahwa remaja yang kecanduan terhadap game online cenderung melakukan perilaku tersebut karena mereka mendapatkan penghargaan atau penguatan positif dari aktivitas tersebut. Dalam hal ini, game online memberikan hadiah instan seperti pengakuan, prestise, atau pencapaian, yang mungkin tidak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurus Sa’adah., S.Psi., M.Si., Psi.,
Uncontrolled Keywords: self consept; remaja pecandu Game Online; behavioristik; budaya BAli
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Jan 2024 12:14
Last Modified: 26 Jan 2024 12:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63262

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum