SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MAHASISWA BERBICARA BAHASA INGGRIS DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO

Tirta Rhamadanty, NIM.: 21200012023 (2023) SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MAHASISWA BERBICARA BAHASA INGGRIS DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MAHASISWA BERBICARA BAHASA INGGRIS DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO)
21200012023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MAHASISWA BERBICARA BAHASA INGGRIS DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO)
21200012023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini menjelaskan tentang self regulated learning untuk mengatasi kecemasan mahasiswa berbicara bahasa Inggris di IAIN Palopo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis aspek-aspek dan strategi self regulated learning untuk mengurangi kecemasan mahasiswa berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara kepada subjek yang berkenaan dengan penelitian, dan dokumentasi sebagai pelengkap dan pendukung data penelitian. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa aspek self regulated learning membantu dalam mengelola emosi, mengidentifikasi dan mengatasi rasa cemas, serta membangun rasa percaya diri dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris. Dengan demikian, aspek self regulated learning memberikan mahasiswa alat yang kuat untuk mengatasi kecemasan dan mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan lebih efektif dan percaya diri. Dan strategi self regulated learning untuk mengurangi kecemasan mahasiswa berbicara bahasa inggris dapat memperoleh kendali yang lebih besar atas proses pembelajaran mahasiswa, mengurangi kecemasan, dan mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan lebih percaya diri dan kompeten. Meminimalisir kecemasan mahasiswa berbicara bahasa Inggris dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menerapkan self regulated learning, oleh karena itu perlu untuk menjaga dan selalu menerapkan self regulated learning dengan memberikan dukungan dan lingkungan yang sesuai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Muhsin., S.Ag., M.A., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: self regulated learning; kecemasan berbicara; mahasiswa
Subjects: Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Jan 2024 13:28
Last Modified: 26 Jan 2024 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum