Kemampuan Komunikasi Pustakawan Dalam Pencarian Koleksi Kaitannya dengan Kualitas Layanan Di Perpustakaan Gemilang SMPN 1 Banguntapan

Imroatun Shaleha, - and Anis Masruri, - (2023) Kemampuan Komunikasi Pustakawan Dalam Pencarian Koleksi Kaitannya dengan Kualitas Layanan Di Perpustakaan Gemilang SMPN 1 Banguntapan. Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER), 5 (2). pp. 254-267. ISSN ISSN 2716-0432 (Online) -

[img]
Preview
Text (Kemampuan Komunikasi Pustakawan Dalam Pencarian Koleksi Kaitannya dengan Kualitas Layanan Di Perpustakaan Gemilang SMPN 1 Banguntapan)
Kemampuan Komunikasi Pustakawan Dalam Pencarian Koleksi Kaitannya.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat pernyataan)
surat-surat-pernyataan1706681773.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
Official URL: http://journal.ummat.ac.id/index.php/JIPER/index

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kemampuan komunikasi pustakawan pada layanan informasi kaitannya dalam membantu pemustaka dalam pencarian koleksi di perpustakaan. Menjadi pustakawan tentunya harus menguasai pengkatalogan dan sudah hafal letak buku yang ada di rak, karena siswa atau warga sekolah yang berkunjung sering saja kebingungan dalam mencari koleksi. Maka sebagai pustakawan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, terlebih dalam melayani pemustaka saat mencari koleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi pustakawan kaitannya dengan kualitas layanan pada pencarian koleksi di Perpustakaan Gemilang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan reduksi data. Hasil dari penelitian ini berdasarkan teori Garperz terdapat sepuluh dalam mutu pelayanan. Adapun dari sepuluh point, namun yang sudah terlaksana terdapat tujuh point, diantaranya kesopanan dan keramahan, tanggung jawab, kemudahan dalam pelayanan, variasi model pelayanan, pelayanan pribadi, kenyamanan dalam memperoleh pelayanan, dan atribut pendukung pelayanan. Upaya yang dilakukan sebagai pustakawan dalam meningkatkan kepuasan pengguna di Perpustakaan Gemilang SMPN 1 Batusangkar, dengan cara bimbingan atau pelatihan pustakawan, salah satunya BIMTEK. Selain itu, terus meningkatkan kualitas diri dengan belajar, memperbanyak jaringan pertemanan, melakukan inovasi dan yang terakhir dengan melakukan komunikasi yang baik dengan pemustaka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kepribadian, Kualitas layanan, Komunikasi
Subjects: Pustakawan > pustakawan, Layanan Perpustakaan
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 31 Jan 2024 13:26
Last Modified: 31 Jan 2024 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63333

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum