PENGARUH PENGGUNAAN SKINCARE DAN FASHION TERHADAP PEMAKNAAN MASKULINITAS MASYARAKAT DI KOTA YOGYAKARTA

Muhammad Reza Aulia Almahdi, NIM.: 20107020055 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN SKINCARE DAN FASHION TERHADAP PEMAKNAAN MASKULINITAS MASYARAKAT DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN SKINCARE DAN FASHION TERHADAP PEMAKNAAN MASKULINITAS MASYARAKAT DI KOTA YOGYAKARTA)
20107020055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN SKINCARE DAN FASHION TERHADAP PEMAKNAAN MASKULINITAS MASYARAKAT DI KOTA YOGYAKARTA)
20107020055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Gender merupakan hasil konstruksi kebudayaan yang mengatur pengelompokan nilai dan perilaku antara laki-laki dan perempuan. Berakar dari pengelompokan ini membuat seorang individu seringkali mendapat stereotip negative Ketika ia berbeda dengan aturan kelompoknya. Salah satu bentuk stereotip gender yang berkembang dijaman modern ini adalah penggunaan skincare dan fashion yang biasanya diasosiasikan dengan perempuan, sehingga Ketika ada seorang laki-laki yang melakukan hal tersebut akan dianggap tabu oleh masyarakat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan skincare dan fashion terhadap pemaknaan maskulinitas masyarakat di Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan Teknik analisis regresi linear berganda dan diperkuat dengan Teknik analisis lain yang relevan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Masyarakat Kota Yogyakarta yang terbagi menjadi 204 sampel sebagai responden penelitian. Berdasarkan pengujian yang dilakukan disimpulkan bahwa kedua variabel secara serentak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pemaknaan maskulinitas masyarakat di Kota Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel (31,571>3,04) dan Tingkat signifikansi<0,05 (0,000<0,05).). Namun, secara terpisah kedua variabel memiliki pengaruh yang berbeda terhadap pemaknaan maskulinitas masyarakat di Kota Yogyakarta. Seperti variabel penggunaan skincare yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemaknaan maskulinitas masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (5,314>1,65247) dan Tingkat signifikansi<0,05 (0,000<0,05). Sedangkan variabel fashion berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap pemaknaan maskulinitas masyarakat. Hal ini dapat dilihat pada nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel (-0,217<1,65247) dan Tingkat signifikansi>0,05 (0,828>0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: B.J. Sujibto, S.Sos., M.A
Uncontrolled Keywords: Skincare, Fashion, Maskulinitas
Subjects: Gender
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Feb 2024 10:12
Last Modified: 12 Feb 2024 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63611

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum