ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

Aninda Aulia Rahayu, NIM.: 19104040055 (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR)
19104040055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR)
19104040055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Matematika dapat melatih siswa untuk berpikir kritis, tetapi dukungan yang guru berikan saat kegiatan pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong minim. Maka dari itu, kegiatan belajar mengajar perlu diperbaiki. Sebelum memperbaiki proses belajar mengajar, perlu diketahui masalah belajar yang dialami siswa dengan menganalisis kesalahan siswa menggunakan prosedur Newman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemandirian belajar dan mengembangkan desain pembelajaran untuk mengatasi kesalahan siswa. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dan Didactical Design Research. Subjek penelitian terdiri dari 12 siswa kelas VII A MTs Irsyadul Anam Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kemandirian belajar, tes tertulis, dan wawancara. Setelah data kesalahan didapatkan selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil kesalahan yang didapatkan dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan desain pembelajaran. Desain pembelajaran yang telah dibuat selanjutnya diuji validitasnya. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Siswa dengan skor kemandirian belajar fase pemikiran yang tinggi dan fase kontrol kinerja yang rendah melakukan seluruh jenis kesalahan Newman, 2) Siswa dengan skor kemandirian belajar fase pemikiran yang rendah, kontrol kinerja yang tinggi, refleksi diri yang tinggi, dan refleksi diri yang rendah melakukan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan menyimpulkan. 3) Langkah pembelajaran yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan siswa yaitu mengorientasikan siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membantu siswa investigasi mandiri dan berkelompok, membantu siswa mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan membimbing siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 4) Langkah pembelajaran tersebut dikembangkan dalam bentuk RPP dan dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Wed Giyarti, M.Si, dan Dr. Mulin Nu’man, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Kesalahan, Prosedur Newman
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Feb 2024 10:31
Last Modified: 13 Feb 2024 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum