PENGEMBANGAN MODUL IMLA’ SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI IKPM CABANG BANJARNEGARA

Khayyu Anggun Maharani, NIM.: 21204022026 (2023) PENGEMBANGAN MODUL IMLA’ SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI IKPM CABANG BANJARNEGARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL IMLA’ SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI IKPM CABANG BANJARNEGARA)
21204022026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL IMLA’ SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI IKPM CABANG BANJARNEGARA)
21204022026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam mempelajari materi imla’. Permasalahan ini disebabkan karena tidak adanya modul atau sumber belajar fisik yang digunakan saat pembelajaran imla’. Pada pembelajaran imla’ di IKPM Cabang Banjarnegara, seorang guru pengampu imla’ hanya menyampaikan materi secara lisan tanpa menggunakan buku pegangan yang dimiliki oleh peserta didik. Sehingga dengan kondisi pembelajaran peserta didik harus terus hadir, karena jika tidak hadir akan tertinggal materi dan tidak bisa mempelajari materinya secara mandiri. Sehingga, penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) Mengembangkan modul imla’ yang menarik, 2) Mengembangkan modul imla’ yang layak agar mudah untuk dipelajari, 3) Mengetahui efektivitas modul imla’ yang dikembangkan untuk peserta didik di IKPM Cabang Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada modul ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik di IKPM Cabang Banjarnegara. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan test. Kemudian data angka yang terkumpul akan di analisis dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS 27. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk berupa modul imla’ sebagai sumber belajar berbentuk buku. Memuat materi imla’ sesuai kebutuhan peserta didik di IKPM Cabang Banjarnegara untuk mengikuti ujian masuk ke Pondok Modern Darussalam Gontor. 2) Dalam mencapai kelayakan modul imla’ ini, sudah melewati uji kelayakan melalui ahli materi dan ahli media. Analisis kuesioner ahli materi mencapai hasil presentase rata-rata sebesar 83%, termasuk pada kategori sangat layak untuk digunakan. Analisis kuesioner ahli media mencapai hasil presentase rata-rata sebesar 93%, termasuk pada kategori sangat layak untuk digunakan. 3) Modul ini melalui uji paired sample t-test untuk mengetahui pengaruh modul imla’ ini, dengan skor 0,000 yang berarti signifikan pengaruhnya. Selain uji tersebut, juga melalui penilaian guru dan peserta didik melalui kuesioner dengan skor penilaiann guru 93% dan skor penilaian peserta didik sebesar 4,57 dengan kategori sangat positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul imla’ sebagai sumber belajar peserta didik di IKPM cabang Banjarnegara cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Modul, Imla’, Sumber Belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Feb 2024 09:18
Last Modified: 13 Feb 2024 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63661

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum