DAMPAK FATHERLESS PADA PROSES PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PAUD D.I. YOGYAKARTA

Nuraisyah, NIM.: 21200012074 (2023) DAMPAK FATHERLESS PADA PROSES PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PAUD D.I. YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK FATHERLESS PADA PROSES PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PAUD D.I. YOGYAKARTA)
21200012074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK FATHERLESS PADA PROSES PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PAUD D.I. YOGYAKARTA)
21200012074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia mengalami masalah darurat terkait peran seorang ayah dalam pengasuhan anak, sehingga dinobatkan sebagai fatherless country atau negara tanpa keberadaan ayah secara psikologis. Padahal mengabaikan peran ayah berarti membiarkan terjadinya bias perkembangan anak. Untuk itu, peneliti merasa penting menelusuri bagaimana dampak fatherless bagi perkembangan sosial-emosional anak usia dini dengan mengangkat dua rumusan masalah yakni, apa saja yang menyebabkan terjadinya fatherless pada anak usia dini dan bagaimana dampak fatherless pada perkembangan sosial-emosional anak usia dini di PAUD D.I. Yogyakarta. Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif dan desain deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian dipilih berdasarkan purposive sampling dengan kriteria, anak usia dini 4-6 tahun yang mengalami fatherless, orang tua anak dan guru yang mengajar di PAUD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan sosial-emosional anak yang mengalami fatherless akibat kematian memiliki perkembangan sosial-emosional yang mulai berkembang dengan baik, sedangkan fatherless akibat perceraian dan sibuk bekerja bekerja belum berkembang. Hal ini terlihat dari kemampuan mengembangkan rasa percaya diri, diterima dalam kelompok, mengembangkan kemampuan dan bakat, kemandirian, bekerja sama, mematuhi aturan dan saling berbagi, berkembang dengan baik pada anak akibat ayah yang meninggal, sedangkan pada anak akibat perceraian dan ayah yang sibuk bekerja belum berkembang bahkan sangat kurang. Adapun dampak negatif pada perilaku anak fatherless akibat kematian, menunjukkan dampak yang lebih sedikit dibandingkan dengan fatherless akibat perceraian dan kesibukan kerja. Ditemukan bahwa, anak yang mengalami fatherless akibat kematian tidak menunjukkan agresifitas, tidak hiperaktif dan memiliki kepercayaan diri serta bertanggung jawab. Namun, lebih pendiam, tertutup dan ada kesedihan yang dipendam yang membuat anak mudah menangis jika terjadi masalah. Berbeda dengan fatherless akibat perceraian orang tua dengan terjadinya konflik berkepanjangan terlebih dahulu sebelum berpisah menunjukkan dampak yang lebih negatif. Di antaranya memiliki agresifitas yang tinggi, hiperaktif, tidak bertanggung jawab, sulit bergaul, emosional, kurang mampu mengambil keputusan dan bermasalah dengan teman sebaya, serta mengalami kecemburuan. Sedangkan, anak yang sebelumnya sangat dekat dengan ayahnya merasakan kesepian dan kehilangan sosok ayahnya. Hal tersebut menyebabkan anak menjadi pendiam, menjauh dari keramaian dan suka termenung sendirian serta tampak murung. Anak yang mengalami fatherless sebab ayah yang sibuk bekerja juga mengalami dampak yang negatif. Terlihat dari tingkat kontrol diri yang rendah, agresif, hiperaktif, tidak bertanggung jawab, bermasalah dengan teman sebaya dan merasakan kesepian dan kecemburuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Fatherless, Perkembangan Sosial-Emosional, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Feb 2024 13:33
Last Modified: 15 Feb 2024 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63739

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum