ORIENTALISME DAN DUNIA IMAJINER: ANALISIS POSKOLONIALISME EDWARD SAID TERHADAP NOVEL A’RAS AMINAH KARYA IBRAHIM NASRULLAH

Achmad Assegaf, NIM.: 19200010093 (2022) ORIENTALISME DAN DUNIA IMAJINER: ANALISIS POSKOLONIALISME EDWARD SAID TERHADAP NOVEL A’RAS AMINAH KARYA IBRAHIM NASRULLAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ORIENTALISME DAN DUNIA IMAJINER: ANALISIS POSKOLONIALISME EDWARD SAID TERHADAP NOVEL A’RAS AMINAH KARYA IBRAHIM NASRULLAH)
19200010093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ORIENTALISME DAN DUNIA IMAJINER: ANALISIS POSKOLONIALISME EDWARD SAID TERHADAP NOVEL A’RAS AMINAH KARYA IBRAHIM NASRULLAH)
19200010093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Orientalisme adalah pembentukan pola pikir yang dibuat oleh orang Barat untuk membangun Timur. Seorang penulis novel yang bernama Ibrahim Nasrullah adalah novelis yang bercerita tentang kehidupan di Palestina pada era postmodern. Ibrahim Nasrullah bercerita tentang Palestina seakan terbaca seperti perjuangan, namun apabila diamati kembali menjadi sebuah penurunan. Tujuan penelitian ini adalah mengamati pola pikir di Timur saat ini adalah kreasi Orientalis atau Barat. Peneliti menggunakan konsep “Proyek-proyek Orientalisme” dan Deskripsi Dunia Timur Edward Said untuk membaca dan mengamati keadaan berpikir Ibrahim Nasrullah dalam membuktikan pola pikir di Timur. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif-analitik. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan dokumentasi berupa deskripsi gambaran Palestina pada Novel A’ras Aminah karya Ibrahim Nasrullah untuk dijadikan perwakilan dari Timur yang akan digunakan pola pikirnya, begitu juga pengamatan pada artikel-artikel yang bersangkutan. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa Ibrahim Nasrullah adalah salah seorang Palestina yang memiliki pola pikir Barat walaupun secara jelas menceritakan perlawanannya terhadap Israel yang menjadi antagonis dalam cerita A’ras Aminah. Hal menarik dalam penelitian ini yaitu pengamatan ini biasanya ditemukan ketika Orientalisme ditujukan sebagai orang Barat untuk mengamati Timur, namun peneliti mencoba meletakan Orientalisme sebagai Timur untuk mengamati Timur. Maka penelitiam imi membuahkan hasil bahwa pengetahuan tentang dunia orientalis dapat mengolah pola pikir penulis novel A`ros Aminah Ibrahim Nasrallah melalui caranya berpikir, mengetahui, dan menggambarkan Palestina serta distrikdistriknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ita Rodiah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Novel; A’ras Aminah; Ibrahim Nasrullah; Orientalisme,
Subjects: Kajian Timur Tengah
Kesusastraan Arab > Novel - Sejarah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Timur Tengah
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2024 09:10
Last Modified: 16 Feb 2024 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63775

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum