STRATEGI BERTAHAN HIDUP DAN PSIKOSOSIAL MAHASISWA BERKELUARGA DI WAGENINGEN BELANDA (STUDI KASUS MAHASISWA MASTER LPDP)

Nahdiyana Fitri Hidayah, S.Sos, NIM.: 18200010182 (2022) STRATEGI BERTAHAN HIDUP DAN PSIKOSOSIAL MAHASISWA BERKELUARGA DI WAGENINGEN BELANDA (STUDI KASUS MAHASISWA MASTER LPDP). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BERTAHAN HIDUP DAN PSIKOSOSIAL MAHASISWA BERKELUARGA DI WAGENINGEN BELANDA (STUDI KASUS MAHASISWA MASTER LPDP))
18200010182_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BERTAHAN HIDUP DAN PSIKOSOSIAL MAHASISWA BERKELUARGA DI WAGENINGEN BELANDA (STUDI KASUS MAHASISWA MASTER LPDP))
18200010182_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bagi mahasiswa indonesia yang belajar di luar negeri dengan membawa keluarga dan tidak tercover oleh tunjangan beasiswa, harus memutar otak dengan mencari strategi bagaimana mahasiswa bisa memenuhi kehidupan anak dan pasangannya selama studi di luar negeri. Selain strategi bertahan hidup yang dilakukan mahasiswa, problem psikososial juga seringkali terjadi pada mahasiswa maupun pasangannya. Kesulitan dan tantangan yang dihadapi mahasiswa beserta tantangannya ketika menjalankan studi di luar negeri disertai berjuang dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Hal tersebut dapat mengakibatkan mahasiswa dan pasangannya mengalami masalah psikososial . Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perilaku strategi bertahan hidup yang dilakukan oleh mahasiswa berkeluarga di Wageningen Belanda agar tetap hidup sesuai kebutuhan, dan mengetahui kondisi psikososial mereka dapat beradaptasi dari masalah yang muncul, seperti dampak psikologi dan dampak sosial. Jumlah partisipan yang terlibat adalah 3 mahasiswa berkeluarga. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, teridentifikasi 2 tema utama, yaitu strategi bertahan hidup dan psikososial. Kesimpulan pada penelitian ini adalah, mahasiswa berkeluarga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan siasat yang sudah mereka pikirkan matang-matang. seperti mengambil pekerjaan selain kuliah dan memanfaatkan passive income yang ia dapatkan meskipun pekerjaan di Indonesia sedang cuti. Para mahasiswa berkeluarga menjalani kehidupan di luar negeri dengan enjoy dan tanpa tekanan meskipun mengalami masalah-masalah yang kerap kali muncul. Sehingga sangat minim pada mahasiswa berkeluarga ditemukan gangguan psikososial.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor, SS., M.A
Uncontrolled Keywords: dinamika sosial; kebutuhan mahasiswa; psikososial
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2024 09:24
Last Modified: 16 Feb 2024 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum