KONTRADIKSI KEMANUSIAAN PADA PEACE TO PROSPERITY DAN ABRAHAM ACCORDS : STUDI KASUS PERAN AS DALAM KONFLIK ISRAEL-PALESTINA

Idha Ismalia Rohmatika, NIM.. 20200011125 (2022) KONTRADIKSI KEMANUSIAAN PADA PEACE TO PROSPERITY DAN ABRAHAM ACCORDS : STUDI KASUS PERAN AS DALAM KONFLIK ISRAEL-PALESTINA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRADIKSI KEMANUSIAAN PADA PEACE TO PROSPERITY DAN ABRAHAM ACCORDS : STUDI KASUS PERAN AS DALAM KONFLIK ISRAEL-PALESTINA)
20200011125_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONTRADIKSI KEMANUSIAAN PADA PEACE TO PROSPERITY DAN ABRAHAM ACCORDS : STUDI KASUS PERAN AS DALAM KONFLIK ISRAEL-PALESTINA)
20200011125_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tesis ini bermaksud untuk menggali nuansa teoritis yang dapat diterapkan dalam mengkaji isu kemanusiaan hafrada dan apartheid yang terjadi di Palestina dalam kurun waktu tahun 2020- 2021. Konsep kepentingan nasional oleh Hans Morgenthau dipadukan dengan konsep subaltern oleh Gayatri Spivak yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian tesis ini. Konsep kepentingan nasional digunakan untuk mengetahui politik dan strategi perjuangan Israel- Palestina. Selain itu, konsep kepentingan ini juga digunakan untuk mengungkap interest AS dan Negara-Negara Arab (UEA dan Bahrain) yang melakukan normalisasi dengan Israel dengan mengatasnamakan perjanjian damai. Dalam penelitian tesis ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Berdasarkan data yang dianalisis, peneliti menemukan dari dibalik resminya perjanjian damai Peace to Prosperity dan Abraham Accords terdapat kontradiksi kemanusiaan yang menunjukkan kepada politik dunia bahwa kedua perjanjian damai itu merupakan bagian dari strategi hegemoni bagi elit politik AS dan Israel. Baik untuk menjadikan isu perdamaian Palestina sebagai kampanye politik di negaranya, maupun untuk menjadikan perjanjian damai sebagai cara dalam melegalkan penjajahan Zionis Israel terhadap Bangsa Palestina dimasa kini hingga mendatang. Dengan demikian, penelitian dalam tesis ini bertujuan untuk memberikan kesadaran literasi dalam dunia akademisi, yang diharapkan dapat memberikan evaluasi terhadap penyelesaian konflik Israel- Palestina di masa depan. Dan yang lebih penting adalah untuk mengungkap suatu kebenaran terhadap perjanjian damai yang setiap kali dimediasi oleh AS itu, nyatanya tidak pernah mencapai solusi yang adil, melainkan membuat Israel dan Palestina terus mengalami konflik yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Mohammad Yunus, LC., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: kontradiksi kemanusiaan; peace to prosperity; hegemoni; Peran AS dalam Perdamaian
Subjects: Kajian Timur Tengah
Konflik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Timur Tengah
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2024 09:39
Last Modified: 16 Feb 2024 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63779

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum