PENGEMBANGAN E-BOOKLET KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU DI KAWASAN HUTAN PINUS MANGUNAN PADA SUB MATERI POKOK PTERIDOPHYTA UNTUK SISWA KELAS X DI MAN 2 BANTUL

Agneta Suci Ilhami, NIM.: 19104070024 (2023) PENGEMBANGAN E-BOOKLET KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU DI KAWASAN HUTAN PINUS MANGUNAN PADA SUB MATERI POKOK PTERIDOPHYTA UNTUK SISWA KELAS X DI MAN 2 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-BOOKLET KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU DI KAWASAN HUTAN PINUS MANGUNAN PADA SUB MATERI POKOK PTERIDOPHYTA UNTUK SISWA KELAS X DI MAN 2 BANTUL)
19104070024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-BOOKLET KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU DI KAWASAN HUTAN PINUS MANGUNAN PADA SUB MATERI POKOK PTERIDOPHYTA UNTUK SISWA KELAS X DI MAN 2 BANTUL)
19104070024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk 1) mengetahui spesies tumbuhan paku yang terdapat di kawasan Hutan Pinus Mangunan, 2) mengembangkan e-booklet keanekaragaman tumbuhan paku di Kawasan Hutan Pinus Mangunan pada sub materi pokok Pteridophyta untuk siswa kelas X di MAN 2 Bantul, 3) mengetahui kualitas produk e-booklet keanekaragaman tumbuhan paku di kawasan hutan pinus mangunan pada sub materi pokok Pteridophyta untuk siswa kelas X di MAN 2 Bantul, 4) mengetahui respon siswa terhadap e-booklet keanekaragaman tumbuhan paku di kawasan Hutan Pinus Mangunan. Penelitian ini didasarkan pada dua tahap, yaitu penelitian pengambilan sampel tumbuhan paku di kawasan Hutan Pinus Mangunan dan pengembangan e-booklet keanekaragaman tumbuhan paku. Penelitian tumbuhan paku menggunakan metode jelajah dengan teknik purposive sampling. Pengembangan e-booklet keanekaragaman tumbuhan paku menggunakan model ADDIE. Instrumen penilaian produk yang digunakan berupa lembar angket checklist. Kualitas produk dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 8 peer reviewer, dan guru biologi. Uji coba terbatas dilakukan pada 20 siswa kelas X di MAN 2 Bantul. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif sehingga diketahui kualitas dari e-booklet keanekaragaman tumbuhan paku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Hutan Pinus Mangunan ditemukan sebanyak 18 spesies tumbuhan paku yang mewakili dari famili Pteridaceae, Polypodiaceae, Selaginellaceae, Lygodiaceae, Dryopteridaceae, Tectariaceae, Aspleniaceae, Davalliaceae, Nephrolepidaceae. Spesies yang paling banyak ditemukan merupakan spesies dari famili Polypodiaceae, sedangkan spesies yang paling sedikit ditemukan merupakan spesies dari famili Lygodiaceae, Tectariaceae, Aspleniaceae, Davalliaceae, Nephrolepidaceae. Produk yang dihasilkan berupa e-booklet keanekaragaman tumbuhan paku di kawasan Hutan Pinus Mangunan pada sub materi pokok Pteridophyta. E-booklet keanekaragam tumbuhan paku memiliki kualitas sangat baik dengan persentase keidealan 86,1% berdasarkan penilaian dari para ahli. Respon siswa menunjukkan bahwa e-booklet memiliki kualitas sangat baik dengan persentase keidealan 89,2%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-booklet keanekaragaman tumbuhan paku tersebut layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas X di MAN 2 Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dian Noviar, S.Pd.,M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: E-booklet; Hutan Pinus Mangunan; Tumbuhan Paku
Subjects: Pendidikan Biologi
Tanaman
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:35
Last Modified: 22 Feb 2024 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63839

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum