DESAIN RANCANG BANGUN ANTROPOMETER DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT III LEVEL (STUDI KASUS PENGEMBANGAN DAN PERANCANGAN KURSI ANTROPOMETRI PADA LABORATORIUM PERANCANGAN SISTEM KERJA & ERGONOMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Nurun Na’ma, NIM.: 06660021 (2010) DESAIN RANCANG BANGUN ANTROPOMETER DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT III LEVEL (STUDI KASUS PENGEMBANGAN DAN PERANCANGAN KURSI ANTROPOMETRI PADA LABORATORIUM PERANCANGAN SISTEM KERJA & ERGONOMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN RANCANG BANGUN ANTROPOMETER DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT III LEVEL (STUDI KASUS PENGEMBANGAN DAN PERANCANGAN KURSI ANTROPOMETRI PADA LABORATORIUM PERANCANGAN SISTEM KERJA & ERGONOMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DESAIN RANCANG BANGUN ANTROPOMETER DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT III LEVEL (STUDI KASUS PENGEMBANGAN DAN PERANCANGAN KURSI ANTROPOMETRI PADA LABORATORIUM PERANCANGAN SISTEM KERJA & ERGONOMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Antropometer merupakan alat yang sangat penting untuk membantu dalam perancangan produk. Karena dengan menggunakan antropometer akan didapatkan data-data antropometri sebagai kebutuhan dasar dalam merancang produk yang ergonomis. Desain antropometer yang ada saat ini hanya mampu memenuhi fungsi utama, sedangkan aspek teknis dalam interaksinya dengan pengguna seperti kemudahan dalam penggunaan, kenyamanan saat digunakan, dan ketahanan tidak dipertimbangkan, maka penelitian terhadap perancangan dan pengembangan antropometer perlu dilakukan untuk meningkatkan aspek teknis sesuai interaksinya dengan pengguna. Pada penelitian ini digunakan analisis metode Quality Function Deployment sampai dengan level III untuk mengetahui atribut-atribut produk yang diinginkan konsumen, tingkat kepentingan, kebutuhan teknis, karakteristik komponen, sampai kebutuhan untuk proses produksinya. Hasil dari penelitian dengan menggunakan QFD analisis matrik House Of Quality Level III didapat beberapa prioritas pengembangan antropometer yaitu menggunakan konsep slot pada bagian lengan, pengukuran horisontal, bahu dan kepala. (0.19)Menggunakan desain dapat dibongkar pasang pada bagian: Pengukuran horisontal, pengukuran bahu, pengukuran kepala (0.15), menggunakan pengelasan elektrode alumunium dan elektrode stainlisteel (0.12), menggunakan aluminium dengan tebal 3 mm dan lebar 6x6 cm (0.11), menggunakan jarum penunjuk skala stainlisteel dengan panjang 4 cm, tebal 1 mm (0.10), menggunakan hidrolic dengan tekanan maksimal 200kg(0.08), menggunakan stainlisteel pada pengukuran berdiri dengan diameter 2 inch (0.07) dan menggunakan kayu tebal 3 cm, panjang 40, lebar 45cm (pada alas duduk) (0.06).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Arya Wirabhuana M.Sc dan Taufiq Aji ,M.T
Uncontrolled Keywords: Antropometer, Perancangan dan Pengembangan Produk, QFD, HOQ
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Feb 2024 09:08
Last Modified: 26 Feb 2024 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64033

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum