MOTIF MASYARAKAT MENGUNJUNGI MAKAM DALAM PRAKTIK TRADISI PASAR JUMAT PAHING DI DUSUN KRAMAT KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH

Candra Retno Kinanti, NIM.: 18105040076 (2023) MOTIF MASYARAKAT MENGUNJUNGI MAKAM DALAM PRAKTIK TRADISI PASAR JUMAT PAHING DI DUSUN KRAMAT KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIF MASYARAKAT MENGUNJUNGI MAKAM DALAM PRAKTIK TRADISI PASAR JUMAT PAHING DI DUSUN KRAMAT KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH)
18105040076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MOTIF MASYARAKAT MENGUNJUNGI MAKAM DALAM PRAKTIK TRADISI PASAR JUMAT PAHING DI DUSUN KRAMAT KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH)
18105040076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dusun Kramat merupakan salah satu wilayah Jawa yang sangat lekat dengan kebudayaan. Kebudayaan masyarakat Jawa juga memiliki daya tarik wisata religi yaitu seperti berziarah kubur. Terdapat Tradisi Pasar Jumat Pahing yang dilakukan pada 35 hari sekali yang jatuh pada hari Jumat Pahing. Tradisi ini sudah sejak lama dan masuk dalam kategori budaya. Dalam tradisi ini ada beberapa kegiatan yaitu ziarah kubur, doa bersama, bernadzar, dan kegiatan jual beli. Tradisi Pasar Jumat Pahing merupakan tradisi yang diwariskan pendahulu dalam bentuk ziarah kubur dan berdoa secara bersama dengan juru kunci yang dimana menyampaikan nadzar dan keinginan setiap pengikut Tradisi Pasar Jumat Pahing. Tradisi ini bukan hanya tradisi yang dilakukan untuk kebutuhan spiritual melaikan juga sebagai hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dan dampak Tradisi Pasar Jumat Pahing di Dusun Kramat Muntilan. Dengan pendekatan sosiologis dengan metode penelitian kualitatif. Objek material dari penelitian ini adalah Tradisi Pasar Jumat Pahing, sedangkan subjek dari penelitian ini adalah pelaku tradisi atau orang-orang yang melakukan Tradisi Pasar Jumat Pahing. Penelitian ini menggunakan motif yaitu motif Biogenetis, motif Sosiogenetis dan motif Teogenetis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi lapangan. Teknik analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan motif terdapat tiga motif yaitu motif biogenetis yaitu motif mencari kebutuhan dengan membeli makanan, dan pengharapan kelancaran rezki, motif sosiogenetis yaitu motif yang dilakukan untuk berinteraksi dengan masyarakat dan orang yang berada dalam Tradisi Pasar Jumat Pahing untuk mencari pengalaman dan solidaritas sosial, dan motif Teogenetis merupakan motif untuk pedekatan diri kepada sang pencipta. Adapun dampak dari Tradisi Pasar Jumat Pahing yaitu pada dampak sosial adanya solidaritas antar setiap orang-orang yang mengikuti Tradisi Pasar Jumat Pahing dan juga adanya kebiasaan untuk bertutur dan berperilaku baik, adapun dampak budaya yaitu pelestarian makanan khas tradisi, adanya budaya konsumtif , dampak ekonomi menambah pemasukan keuangan, dampak psikologi yaitu ketentraman hati, dan dampak religious meningkatkan kedekatan diri masyarakat dengan sang pencipta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nur Afni Khasoh, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: Tradisi Pasar Jumat Pahing; masyarakat Jawa; tradisi
Subjects: Sosiologi Agama
Islam dan Tradisi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Feb 2024 14:03
Last Modified: 26 Feb 2024 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum