EFEKTIVITAS STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) DENGAN MEDIA LKS (LEMBAR KEGIATAN SISWA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

RETNO NURFITRI, NIM.: 07600076 (2011) EFEKTIVITAS STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) DENGAN MEDIA LKS (LEMBAR KEGIATAN SISWA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) DENGAN MEDIA LKS (LEMBAR KEGIATAN SISWA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ···.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) DENGAN MEDIA LKS (LEMBAR KEGIATAN SISWA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika di kelas VII MTs Wahid Hasyim yang menggunakan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan media LKS (Lembar Kegiatan Siswa) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan media LKS (Lembar Kegiatan Siswa), variabel terikat berupa kemampuan berpikir kritis siwa. Berdasarkan pengambilan sampelnya, penelitian ini merupakan penelitian sensus dengan populasi dan sampelnya yaitu kelas VII MTs Wahid Hasyim Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan: soal pretest-posttest, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes dan lembar observasi yang divalidasi isi dan konstruk. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah deskriptif statistik menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan media LKS (Lembar Kegiatan Siswa) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Efektivitas treatment ditunjukan dengan lebih besarnya rata-rata (mean) skor posttest dan rata-rata (mean) skor gain untuk kelas eksperimen, dibandingkan kelas kontrol. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Sumaryanta, M. Pd. 2. Iwan Kuswidi, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, TTW (Think-Talk-Write), LKS (Lembar Kegiatan Siswa), Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Jul 2023 10:43
Last Modified: 26 Jul 2023 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum