PANDANGAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP WASIAT WAJIBAH BAGI ISTRI NON-MUSLIM (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 16 K/AG/2010)

Muslihatun Mahmudah, NIM.: 15350072 (2022) PANDANGAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP WASIAT WAJIBAH BAGI ISTRI NON-MUSLIM (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 16 K/AG/2010). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP WASIAT WAJIBAH BAGI ISTRI NON-MUSLIM (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 16 K/AG/2010))
15350072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP WASIAT WAJIBAH BAGI ISTRI NON-MUSLIM (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 16 K/AG/2010))
15350072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada tanggal 30 April 2010 Majelis Hakim Mahkamah Agung mengeluarkan keputusan yang bernomor 16 K/AG/2010, keputusannya adalah memberikan bagian warisan kepada Evie Lany Mosinta yang beragama Kristen dari peninggalan suaminya Ir. Muhammad Armaya bin Renreng yang beragama Islam. Padahal ahli waris non Muslim dalam Hukum Islam tidak dapat memperoleh warisan dari pewaris muslim. Dari sini penulis merasa tertarik untuk membahas dan menganalisis putusan tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pustaka atau library research, yaitu penelitian yang dilakukan di perpustakaan dan lingkungan dengan membaca, menelaah atau memeriksa bahan kepustakaan. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Dengan sifat penelitian tersebut bermaksud untuk menjelaskan sebuah kasus kemudian di analisis, sehingga nantinya penelitian ini dapat memberikan kepastian hukum yang dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya. Mekanisme pengumpulan data dalam penelitian ini sepenuhnya merujuk pada sumber kepustakaan, data primer dari penelitian ini adalah putusan yang bernomor 16 K/AG/2010 mengenai permohonan penetapan pengadilan terhadap wasiat wajibah bagi istri non- muslim. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan normatif dan yuridis. Cara berfikir yang dipakai dalam penelitian ini adalah instrumen berfikir induktif deduktif. Hasil dari penelitian ini adalah Dasar hukum dan pertimbangan hukum hakim dalam penetapan kasasi Evie Lany Mosinta ke Mahkamah Agung No. 16 K/AG/2010 menggunakan berbagai dasar hukum baik melalui Undang-Undang Hukum Perdata dan KHI yang berlaku maupun dengan menggali ijtihad menggunakan nash Al-Qur’an maupun Hadis serta kaidah Ushul Fiqh. Sedangkan menurut hukum Islam dan hukum positif keputusan dan pertimbangan hakim dalam dalam penetapan, sudah tepat dimana dalam hukum positif sesuai dengan Yurisprudensi MARI No.172/K/Sip/1974. Dikarenakan hak waris terhadap ahli waris yang berbeda agama sudah tertutup, maka dalam praktiknya sebagian hakim telah memberi jalan dengan menggunakan pertimbangan wasiat wajibah untuk memberikan hak mempusakai terhadap ahli waris non-muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fatma Amilia, S. Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: waris; non muslim; wasiat wajibah
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Hukum Islam > Kewarisan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Feb 2024 09:53
Last Modified: 27 Feb 2024 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64095

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum