PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF STOP BULLYING DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Daa’iyah Zahwa Imtana, NIM.: 21204032010 (2023) PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF STOP BULLYING DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF STOP BULLYING DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI)
21204032010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF STOP BULLYING DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI)
21204032010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui 1) Pengembangan buku cerita interaktif stop bullying dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. 2) Kelayakan buku cerita interaktif stop bullying dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. 3) Efektivitas buku cerita interaktif stop bullying dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini menggunakan model penelitian (RND) Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, design, development, implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Muslimat NU 65 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Uji validitas produk menggunakan uji kelayakan, kepraktisan dan uji efektivitas. Produk uji kelayakan menggunakan rumus P. Uji efektivitas menggunakan uji N-Gain dan eksperimen one group pre test post test design dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa telah dihasilkan produk berupa buku cerita interaktif stop bullying dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Diperoleh uji validasi media memperoleh nilai 96% dengan kategori sangat valid. Sedangakan validasi materi sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Uji coba kepraktisan dengan hasil wali kelas B1 sebesar 87% dengan kategori sangat praktis dan wali kelas B2 yaitu 81% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan perhitungan uji N-Gain score pada skala kecil 0,7688 dan 0,7400 pada skala besar dengan kategori tinggi dan N-Gain persen pada skala kecil 76.8776% dan 73.9977% pada skala besar dengan kategori efektif. Selanjutnya dilakukan uji paired sample t-test pada uji skala kecil dan skala besar memperoleh nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,000 < 0,005 dengan a = 0.05 sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan nilai rata-rata pretest dan nilai rata-rata posttest pada perkembangan sosial emosional anak. Kesimpulan dari hasil analisis data ini menunjukkan bahwa pengembangan buku interaktif stop bullying efektif dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Raden Rachmy Diana, S.Psi., M.A., Psi.
Uncontrolled Keywords: bullying; sosial emosional; anak usia dini; perkembangan anak
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Feb 2024 14:25
Last Modified: 28 Feb 2024 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64102

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum