MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI LEMBAGA: STUDI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KABUPATEN MAGELANG

Wahyu Nugroho, NIM.: 21204092004 (2023) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI LEMBAGA: STUDI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI LEMBAGA: STUDI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KABUPATEN MAGELANG)
21204092004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI LEMBAGA: STUDI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KABUPATEN MAGELANG)
21204092004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Standarisasi keberhasilan mutu suatu lembaga pendidikan yang dibuktikan dengan peringkat akreditasi tinggi sangat bergantung kepada manajemen kepemimpinan kepala madrasah. Kepemimpinan kepala madrasah yang mampu mengarahkan tenaga pendidik dan kependidikan, memotivasi, mengambil keputusan yang baik merupakan faktor penting dalam capaian akreditasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keberhasilan manajemen kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan akreditas di MAN 2 kabupaten Magelang, memahami gaya kepemimpinan kepala Madrasah serta menemukan strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan akreditasi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan/field reaserch dengan analisis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data. Keabsahan data melalui triangulasi sumber kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepala Madrasah melakukan manajemen kepemimpinan di MAN 2 kabupaten Magelang dengan menerapkan teori fungsi manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) yang tertata baik didukung stakeholder memadai sehingga berhasil meningkatkan akreditasi lembaga; (2) Peran dan gaya kepemimpinan kepala Madrasah dalam meningkatkan akreditasi di MAN 2 kabupaten Magelang adalah sebagai pemimpin, pengarah, pengawas dan memiliki komunikasi serta koordinasi yang baik dengan gaya kepemimpinan kharismatik.; (3) Strategi kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningkatkan akreditasi adalah strategi Top Down, dimulai dari visi dan tujuan yang ditetapkan oleh pimpinan, kemudian diimplementasikan ke tingkat yang lebih rendah. Dalam hal ini kepala madrasah bersama stakeholder memegang kendali kebijakan dan mengawalnya hingga terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Saidah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan; manajemen kepemimpinan; kepala madrasah; akreditasi lembaga
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Gaya Kepemimpinan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:00
Last Modified: 29 Feb 2024 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64127

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum