MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK ANIMO MASYARAKAT DI SMP IT AS-SAJADAH PEKANBARU

Muhammad Rizqi Amaluddin, NIM.: 21204092008 (2023) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK ANIMO MASYARAKAT DI SMP IT AS-SAJADAH PEKANBARU. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK ANIMO MASYARAKAT DI SMP IT AS-SAJADAH PEKANBARU)
21204092008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK ANIMO MASYARAKAT DI SMP IT AS-SAJADAH PEKANBARU)
21204092008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hadirnya SMP IT As-Sajadah sebagai lembaga pendidikan baru di Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru. Dari 50 SMP/MTs yang berada di Kecamatan Tampan, SMP IT As-Sajadah menjadi salah satu yang mendapatkan animo luar biasa dari masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh SMP IT As-Sajadah dalam menarik animo masyarakat, menganalisis dampak dari strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan dalam menarik animo masyarakat di SMP IT As-Sajadah dan menganalisis SMP IT As-Sajadah yang dapat menarik animo masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: pertama, strategi manajemen pemasaran pendidikan dalam menarik animo masyarakat di SMP IT As-Sajadah Pekanbaru yakni menerapkan fungsi dari manajemen. Seperti adanya perencanaan yang dilakukan dengan mengadakan langkah strategis; adanya pengorganisasian yang dilakukan dengan membentuk tim promosi dan juga tim PPDB; adanya pelaksanaan yang dilakukan dengan menerapkan strategi bauran pemasaran pendidikan; dan adanya pengawasan/pengendalian yang dilakukan dengan melihat sejauh mana pelaksanaan yang telah berjalan. Kedua, strategi pemasaran pendidikan SMP IT As-Sajadah memberikan dampak yang positif karena dapat menghadirkan kepercayaan dari masyarakat; adanya dukungan dan kerja sama dari masyarakat; dan adanya komitmen dan loyalitas dari masyarakat. Ketiga, SMP IT As-Sajadah sebagai lembaga baru dapat menarik minat masyarakat dikarenakan: promosi yang dilakukan; promo harga yang ditawarkan; program yang ditawarkan; dan lokasi yang strategis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, S.Pd,I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: manajemen pemasaran; animo masyarakat; loyalitas masyarakat
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:03
Last Modified: 29 Feb 2024 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64128

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum